Cara Screenshot di Komputer

Cara Screenshot di Komputer

Mengambil Screenshot di Windows 10 bukanlah hal yang sulit dilakukan, mengingat adanya fitur Screenshot pada PC atau Laptop yang seringkali dibutuhkan.

Salah satu manfaat dari Screenshot adalah memudahkan pengguna untuk menyimpan informasi penting yang ditemukan saat menggunakan Laptop atau PC. Ada beberapa cara yang mudah dan cepat untuk melakukan Screenshot di Windows 10, namun sebelumnya perlu dipelajari beberapa langkah terlebih dahulu.

Bagi pengguna Laptop dengan basis windows 10, bisa melakukan tangkapan layar atau Screenshot dengan menekan tombol Print Screen (prtsc) yang terletak di bagian atas kanan Keyboard. Hasil Screenshot tersebut nantinya akan otomatis tersimpan di Clipboard. Namun, ada juga beberapa Laptop yang membutuhkan tombol Fuction lain agar dapat melakukan tangkapan layar.

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop

Mengambil Screenshot atau tangkapan layar adalah cara cepat dan mudah untuk menangkap serta menyimpan sebagian atau seluruh layar di perangkat yang digunakan. Dari tampilan game sampai gambar yang ingin dibagikan kepada teman dapat disimpan di dalam arsip komputer.

Perlu diingat bahwa saat mengambil tangkapan layar di Laptop dengan sistem operasi Windows, Anda hanya bisa menggunakan satu metode untuk melakukannya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyimpan tampilan di layar Gadget Anda. Berikut adalah beberapa cara melakukan Screenshot di Windows 10.

1. Windows Key + Shift + S

Cara pertama untuk melakukan tangkapan layar di Windows 10 adalah dengan menekan Shortcut Windows+Shift+S. Cara Screenshot di Komputer ini akan membawa pengguna ke aplikasi bawaan windows yaitu Snip & Sketch. Setelah menekan tombol Shortcut, layar Laptop atau PC akan redup dan muncul petunjuk Mouse yang memungkinkan pengguna untuk menentukan sendiri area tampilan atau layar mana yang ingin di Screenshot. Pengguna juga dapat melakukan proses editing dari hasil tangkapan layar di aplikasi bawaan Snip & Sketch dan menyimpannya dengan menekan ikon Save di bagian atas.

2. Windows Key + PrtSc

Dengan melakukan kombinasi Shortcut Windows + PrtSc, Anda bisa menghasilkan tangkapan layar di Laptop atau Komputer. Untuk melakukan cara Screenshot di komputer, pengguna juga bisa mengkombinasikan tombol lainnya seperti Fn+Windows+PrtSc. Hasil tangkapan tersebut akan tersimpan secara otomatis pada folder Picture dengan nama sub folder Screenshot.

3. Tombol Print Screen (PrtScn)

Untuk menangkap seluruh tampilan layar, Anda bisa menekan tombol Print Screen (PrtScn), tangkapan layar ini akan disimpan sebagai berkas namun akan disalin ke Clipboard. Untuk melakukan cara Screenshot di Komputer ini, Anda harus membuka aplikasi pengeditan gambar seperti Microsoft Word atau Paint. Setelah itu, salin Screenshot yang baru diambil ke aplikasi tersebut!

4. Windows + Volume Turun

Pengguna Microsoft Surface dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar. Mirip dengan cara Screenshot di Komputer atau tablet lainnya, Anda tinggal tahan tombol logo Windows pada bagian bawah layar Surface dan klik tombol Volume-Turun fisik di sisi tablet. Layar akan meredup sebentar dan tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder gambar > tangkapan layar.

5. Menggunakan Game Bar

Cara Screenshot di Komputer berikutnya bisa menggunakan game bar, baik saat bermain game atau tidak. Anda tinggal menekan tombol Windows +G untuk memunculkan game bar, disana anda bisa klik tombol Screenshot di game bar atau menggunakan pintasan keyboard default tombol Windows +Alt + PrtScn untuk mengambil SS layar penuh. Anda juga bisa melakukan Screenshot di Laptop menggunakan game bar untuk merekam layar dan melakukan live streaming saat bermain game.

6. Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi Snipping dapat digunakan sebagai cara Screenshot di komputer dengan format yang lebih fleksibel seperti persegi panjang, windows yang aktif saja, atau layar penuh. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal klik logo Windows + Shoft +S dan langsung memilih Area yang ingin di Screenshot. Aplikasi ini tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar yang dilakukan, Anda harus menyimpannya secara menual di aplikasi tersebut sebelum keluar.

7. Menggunakan LightShot

Apabila Anda menginginkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan tangkapan layar, Anda bisa mengunduh aplikasi Lightshot. Lightshot mungkin merupakan opsi yang lebih baik untuk pekerjaan yang lebih profesional atau tangkapan layar yang membutuhkan pengeditan lebih signifikan.

8. Menggunakan Aplikasi Dropbox

Layanan Cloud Dropbox dapat digunakan untuk melakukan cara Screenshot di komputer dengan cepat dan otomatis. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan aplikasi Dropbox sudah terpasang dan terbuka di komputer Anda, setelah itu tekan foto profil Anda yang ada di sisi kanan atas dan pilih menu Preferences. Setelah itu, aplikasi ini akan secara otomatis menyalin tangkapan layar Anda ke Clipboard.

Akhir Kata

Itulah seluruh pembahasan tentang cara screenshot di komputer atau laptop yang dapat kami bagikan. Bagi Anda yang sering ingin mengabadikan moment tertentu, baik saat bermain game atau lainnya, Anda bisa menggunakan cara Screenshot layar diatas. Jika dirasa bermanfaat, Anda dapat membagikannya juga kepada teman, saudara, atau ke media sosial yang dimiliki supaya orang lain juga bisa mengetahuinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button