Cara Screenshot di Laptop Asus

Cara Screenshot di Laptop Asus

Screenshot (SS) adalah tindakan pengambilan gambar layar pada perangkat, baik itu smartphone, laptop, atau komputer. Cara melakukan screenshot pada layar dapat dilakukan dengan berbagai cara, terutama pada laptop Asus. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan cara screenshot di laptop Asus.

Cara Screenshot di Laptop Asus

Pertama, tekan tombol Alt + PrtSc di keyboard untuk menggunakan fitur screenshot yang ada pada laptop Asus. Sistem akan secara otomatis menangkap gambar dari jendela yang sedang aktif dan menyalinnya ke clipboard. Anda bisa paste gambar tersebut ke aplikasi pengedit gambar seperti Paint atau PowerPoint, lalu simpan gambar tersebut.

Melalui Shipping Tools

Aplikasi Snipping Tool dapat digunakan untuk melakukan screenshot pada laptop Asus Vivobook dan tipe seri lainnya. Anda cukup buka Start Menu, cari Snipping Tool, lalu pilih opsi Free-form Snip atau Rectangular Snip untuk menangkap layar yang diinginkan.

Melalui Print Screen + Win

Gunakan tombol kombinasi PrtScn + Windows untuk menangkap gambar layar. Gambar akan otomatis tersimpan di storage atau Drive C laptop Anda tanpa perlu menggunakan aplikasi pengedit gambar yang lain.

Melalui Windows Key + Print

Tekan tombol kombinasi Fn+Windows+PrtScn secara serentak untuk melakukan screenshot. Gambar yang diambil akan langsung tersimpan di dalam folder Picture – Screenshot.

Melalui Windows + H

Dengan menggunakan tombol kombinasi Windows + H, Anda tidak hanya bisa melakukan tangkapan layar, tetapi juga langsung mengirim file melalui berbagai media sosial.

Melalui Windows + Down

Dengan tombol kombinasi Windows + Down, gambar yang diambil akan langsung tersimpan di dalam folder picture – screenshot.

Melalui Snip Editor

Snip Editor memiliki fungsi yang sama dengan Snipping Tools namun dengan fitur lebih unggul. Anda dapat menangkap gambar dari jendela aktif dan menambahkan rekaman di hasil capture

Melalui Aplikasi Photoscape

Aplikasi Photoscape juga dapat digunakan untuk menangkap layar. Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi, Anda tinggal memilih ikon Screen Capture untuk menangkap layar.

Melalui Aplikasi ShareX

ShareX adalah aplikasi tangkap layar dengan fitur unggulan. Setelah menginstall aplikasi, Anda dapat langsung menggunakan menu Capture atau Screenshot untuk menangkap gambar.

Melalui Aplikasi GreenShot

Aplikasi GreenShot memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi lainnya untuk menangkap layar. Setelah menginstall aplikasi, Anda bisa langsung menggunakan ikon Screenshot/capture untuk menangkap gambar.

FAQ

Apa saja aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk screenshot di laptop Asus?
Anda dapat menggunakan Photoscape, ShareX, dan GreenShot sebagai aplikasi tambahan untuk menangkap layar di laptop Asus.

Apakah setiap laptop memiliki cara yang sama untuk melakukan screenshot?
Tidak, setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk melakukan screenshot, termasuk laptop Asus.

Apakah saya perlu menggunakan aplikasi pengedit gambar setelah melakukan screenshot?
Tergantung pada kebutuhan Anda. Beberapa cara screenshot akan menyimpan gambar secara otomatis tanpa perlu menggunakan aplikasi pengedit gambar, namun beberapa cara lainnya memerlukan aplikasi pengedit gambar.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button