Cara Setting DNS Pribadi di Android

Cara Mengatur DNS Pribadi di Android – Terdapat beragam metode yang bisa digunakan, mulai dari menggunakan menu pengaturan pada perangkat Anda atau dengan mendownload aplikasi tambahan yang memungkinkan perubahan DNS secara langsung.

Domain Name System atau yang sering disebut DNS bertindak sebagai buku direktori internet yang menyimpan hubungan antara nama domain dan alamat IP. Tanpa DNS, nama domain tidak dapat diubah menjadi alamat IP, tetapi dengan DNS, pengguna hanya perlu mengetikkan nama domain di kolom pencarian tanpa harus mengingat alamat IP dari situs yang diakses.

Inilah mengapa DNS sangat penting dan menjadi protokol dasar dalam TCP/IP. Berikut adalah cara setting DNS pribadi di Android dan informasi penting lainnya yang akan kami bagikan.

Apa itu DNS?

Domain Name System atau DNS adalah sistem yang menghubungkan alamat web (URL) dengan alamat IP (Internet Protocol Address) sehingga pengguna tidak perlu mengetik alamat IP secara manual untuk mengakses suatu situs.

Dengan DNS, proses ini menjadi lebih mudah karena nama domain dihubungkan langsung dengan alamat IP, sehingga pengguna tidak perlu menghafal alamat IP untuk mengakses suatu situs.

Contohnya, untuk mengakses Google, pengguna hanya perlu mengetikkan Google.com di kolom alamat tanpa harus mengingat alamat IP secara manual.

Itulah sedikit penjelasan tentang DNS dan sekarang kita akan melihat mengapa DNS begitu penting. Berikut adalah fungsi DNS yang harus Anda ketahui sebelum kami menjelaskan cara setting DNS pribadi di Android.

Fungsi DNS

Sebelum kita membahas cara setting DNS Pribadi di Android, penting untuk memahami fungsi DNS. Berikut adalah beberapa fungsi DNS:

1. Memberikan Nama Domain yang Mudah Diingat untuk Alamat IP

DNS memudahkan proses dengan menyediakan nama domain yang mudah diingat untuk alamat IP. Misalnya, alamat IP dari website Google adalah 171.217.0.142.

Dengan menggunakan DNS, pengguna bisa mengetikkan Google.com di kolom alamat tanpa perlu mengingat alamat IP secara manual, yang membuat proses mengakses website menjadi lebih mudah dan efisien.

2. Menyediakan Pengaturan Privasi dan Keamanan

DNS digunakan untuk mengatur akses ke berbagai layanan dan aplikasi yang dapat dikontrol oleh administrasi jaringan. Selain itu, DNS juga dapat mengatur akses ke layanan yang hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu yang memiliki izin khusus.

Selain itu, DNS juga digunakan untuk mengatur akses ke layanan melalui jaringan VPN atau jaringan yang dienkripsi, sehingga hanya dapat diakses oleh pengguna yang berada dalam jaringan yang aman.

3. Mendukung Multidomain dan Subdomain

DNS memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur dan mengelola multidomain dan subdomain. Misalnya, administrator jaringan dapat mengarahkan lalu lintas dari berbagai nama domain ke website yang sama, atau mengarahkan lalu lintas dari subdomain ke alamat IP yang berbeda.

Ini memudahkan administrator jaringan dalam mengelola website dengan banyak domain dan subdomain, sehingga penting untuk mengetahui cara setting DNS pribadi di Android, seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Setting DNS Pribadi di Android

Jika Anda pengguna Android, ada beberapa cara setting DNS pribadi di Android yang dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi DNS

Cara setting DNS pribadi di Android dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan, seperti menginstal aplikasi yang memungkinkan perubahan DNS seperti 1.1.1.1 dari Cloudflare. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Play Store dan cari aplikasi 1.1.1.1 atau kunjungi link berikut ini (Download Aplikasi 1.1.1.1).
  • Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi di perangkat Android, buka aplikasinya dan berikan akses yang diperlukan.
  • Pada halaman utama aplikasi, temukan tombol toggle dan aktifkan untuk mengubah DNS.
  • Setelah mengaktifkan, DNS pribadi akan langsung aktif dan pengguna dapat mengakses situs yang diblokir tanpa menggunakan VPN.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah dan cepat mengubah DNS serta membuka berbagai situs yang diblokir oleh provider.

2. DNS Pribadi di Ponsel

Selain itu, Anda juga dapat mengatur DNS pribadi di Android melalui menu pengaturan atau setting. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan atau setting pada perangkat Android.
  • Cari opsi Koneksi atau Network dan pilih menu Pengaturan Koneksi Lainnya.
  • Pada bagian DNS Pribadi atau Private DNS, pilih opsi Manual dan masukkan alamat host DNS yang ingin digunakan, misalnya dns.adguard.com.
  • Simpan perubahan yang sudah dilakukan.

3. Tanpa Aplikasi

Cara setting DNS Pribadi di Android tanpa aplikasi juga dapat dilakukan melalui menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan atau setelan pada ponsel Android.
  • Pilih menu Koneksi & Berbagi.
  • Pilih opsi menu DNS Pribadi.
  • Pilih Nama Host Penyedia DNS Pribadi.
  • Masukkan hostname yang diinginkan, seperti dns.google.com.
  • Klik Simpan dan DNS Pribadi akan langsung aktif.

Pengguna dapat dengan mudah mengubah DNS Pribadi di perangkat Android melalui menu pengaturan, ini juga merupakan cara yang dapat digunakan untuk mengatur DNS Pribadi di perangkat Android tanpa perlu aplikasi tambahan.

Penutup

Itulah semua isi artikel kali ini mengenai Cara Setting DNS Pribadi di Android yang kami jelaskan secara rinci. Ada beberapa cara yang dapat dicoba, namun pastikan untuk memperhatikan setiap langkahnya secara cermat sehingga berhasil.

Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang belum mengetahui cara mengatur DNS Pribadi di ponsel Android. Jika artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke media sosial Anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button