Cara Shutdown Laptop Asus Dengan Keyboard

Tips Matikan Laptop Asus Dengan Keyboard – Sebenarnya tidak sulit sama sekali untuk mematikan laptop Asus menggunakan keyboard. Langkah-langkah ini juga sangat umum dan penting untuk diketahui oleh pengguna laptop.

Ketika laptop dimatikan, baterai tidak akan terbuang sia-sia, dan masa pakai baterai pun akan bertahan lebih lama. Mematikan laptop juga bisa meningkatkan kinerja perangkat, terutama laptop Asus yang memiliki fitur power untuk mematikan sistem dengan mudah.

Langkah-langkah besar tips matikan laptop Asus dengan keyboard menggunakan metode yang sama, namun untuk keterangan lebih lanjut, silakan baca penjelasannya di bawah ini.

1. Tips Matikan Laptop Asus dengan Kombinasi Alt + F4

Ada beberapa kombinasi keyboard yang bisa digunakan untuk mematikan laptop Asus, salah satunya adalah tombol kombinasi Alt + F4. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak langkah-langkah matikan laptop Asus dengan keyboard menggunakan tombol Alt + F4 berikut ini:

  • Ketika semua jendela aplikasi sudah tertutup, tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan.
  • Akan muncul kotak dialog, pilih Shut Down menggunakan tombol panah atau mouse.
  • Setelah itu, tekan Enter.
  • Tunggu sejenak sampai layar dan lampu indikator power benar-benar mati.
  • Laptop siap untuk dilipat dan disimpan.
  • Selesai.

2. Tips Matikan Laptop Asus dengan Kombinasi Ctrl + Alt + Del

Selain Alt + F4, pengguna juga bisa menggunakan kombinasi Ctrl + Alt + Del untuk mematikan laptop. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak langkah-langkah matikan laptop Asus dengan menggunakan keyboard sebagai berikut:

  • Tekan Ctrl + Alt + Del secara bersamaan di keyboard laptop Windows Asus.
  • Akan muncul kotak dialog, pilih Shut Down.
  • Tekan Enter dan tunggu sejenak sampai layar dan lampu indikator power benar-benar mati.
  • Selesai.
  • Tutup dan simpan laptop di tempat yang aman.

3. Tips Matikan Laptop Asus dengan Kombinasi Windows + X

Kombinasi tombol Windows + X juga dapat digunakan untuk mematikan laptop Asus. Tombol ini biasanya akan memunculkan beberapa menu di atas tombol logo Windows, di mana Anda bisa memilih opsi Shutdown untuk mematikan laptop. Untuk keterangan lebih lanjut, simak langkah-langkah matikan laptop Asus dengan keyboard menggunakan tombol Windows + X berikut ini:

  • Tekan dan tahan tombol Windows + X di keyboard.
  • Pilih menu Shutdown or Sign Out.
  • Pilih Shutdown.
  • Pastikan semua aplikasi sudah ditutup sebelum mematikan laptop untuk menghindari hilangnya data.

4. Tips Matikan Laptop Asus dengan Kombinasi Run

Kombinasi Run juga dapat digunakan untuk mematikan laptop Asus. Untuk keterangan lebih lanjut, simak langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan semua aplikasi sudah tertutup.
  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka jendela Run
  • Akan muncul pop up Run.
  • Ketik perintah shutdown pada jendela Run dan tekan Enter.
  • Laptop akan mati secara otomatis.

Bahaya Mematikan Laptop Tanpa Shutdown

Ada beberapa bahaya yang mungkin timbul akibat mematikan laptop secara sembarangan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Merusak Prosesor

Pada saat menggunakan cara shutdown laptop Asus dengan keyboard di atas, beban kerja dari pendingin atau heat sink akan lebih tinggi dari biasanya yang mana penyebabnya heat sink harus mendinginkan prosesor dengan segera.

Kalau anda menonaktifkan laptop secara paksa, seperti mencabut baterai atau colokkan listrik pada proses pendinginan tidak akan berjalan normal sehingga tidak dapat prosesor dan akibatnya prosesor rusak dikarenakan sering terpapar suhu tinggi.

2. Membuat RAM Bermasalah

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi digunakan, selain itu RAM juga mencatat alur kerja dari aplikasi yang digunakan dan kalau anda menonaktifkan laptop secara paksa.

Maka RAM akan secara otomatis menutup paksa aplikasi tanpa melalui proses dan aturan yang benar, sehingga akan langsung berpengaruh di kesehatan RAM untuk jangka panjang.

3. Merusak Power Supply

Pada saat laptop dinonaktifkan dengan benar, maka BIOS akan menghentikan semua aktivitas yang dilakukan perangkat seperti Power Supply, Daya Listrik yang digunakan akan dimatikan secara normal.

Namun kalau laptop dimatikan secara paksa, maka arus listrik akan langsung terputus secara tiba-tiba pada saat hardware masih berjalan tapi kalau terus-menerus begini sehingga Power Supply bisa meledak akibat korsleting.

4. Memicu Registry Error

Registry merupakan basis data internal yang berisikan sebuah informasi spesifik mengenai laptop, pada saat anda menonaktifkan laptop dnegan benar sehingga sistem akan langsung meregistrasi ulang komponen dan software yang digunakan sementara kalau laptop anda di matikan secara tiba-tiba registrasi data akan kacau dan memicu error.

5. Menimbulkan Bad Sector Pada Hard Disk

Biasanya kerusakan yang sering kali ditemukan pada laptop yang sering dimatikan secara paksa yaitu muncul Bad Sector di Hard Disk, terlebih lagi pada saat laptop digunakan maka piringan di hard disk akan terus-menerus berputar.

Namun kalau anda mematikan laptop secara paksa, maka hard disk akan berhenti berputar secara tiba-tiba dan semua proses data yang sedang dibaca dan ditulis akan langsung terganggu prosesnya.

Karena biasanya cara menonaktifkan laptop dengan paksa itu dilakukan ketika laptop hang atau lemot, namun jika anda sudah capek dengan laptop yang lemot sebaiknya beli laptop murah atau mematikan laptop dengan cara biasa atau tips matikan laptop Asus dengan keyboard di atas dijamin lancar.

Kesimpulan

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai tips matikan laptop Asus dengan keyboard yang sudah kami sampaikan secara rinci untuk anda gunakan.

Ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan, namun yang kami jelaskan paling banyak digunakan selain menonaktifkan laptop Asus namun bisa digunakan di merek laptop lainnya.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa berguna untuk anda dan jika ingin mendapatkan informasi terupdate pastikan anda pantengi artikel ini. Sekian dan selamat mencoba.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button