Blog

Cara Tukar Uang Baru di Bank

Cara Menukar Uang Baru di Bank

Jika Anda mencari ulasan tentang cara menukar uang pecahan baru di bank, Anda telah datang ke artikel yang tepat. Bank Indonesia (BI) telah membuka layanan penukaran uang rupiah baru hingga tanggal 20 April untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Lebaran .

BI telah menyiapkan uang rupiah sebesar Rp 195 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang dengan berbagai jenis pecahan. Masing-masing orang diberikan maksimal paket penukaran uang rupiah sebesar Rp 3.800.000 per nasabah.

Layanan penukaran uang pecahan rupiah dapat diakses di 5.066 titik layanan tempat penukaran uang rupiah di bank-bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, BI juga menyediakan layanan penukaran uang rupiah di berbagai tempat lewat kas keliling.

Setiap bank memiliki metode tukar uang yang baru, sehingga nasabah perlu menyesuaikan diri dengan tempat, waktu, dan cara untuk melakukannya.

Cara Tukar Uang Baru di Bank BNI dan BRI

Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan layanan penukaran uang rupiah yang baru pecahan tunai bagi nasabahnya. Penukaran uang rupiah pecahan yang baru di BNI dapat dilakukan dari awal bulan Ramadhan hingga tanggal 18 April sebelum Lebaran .

BNI menyediakan 30 titik lokasi penukaran uang rupiah pecahan yang baru yang tersebar di Jabodetabek, Serang, dan Karawang. Masyarakat dapat menukarkan uang di kantor cabang BNI sesuai dengan daerah dan titik yang telah ditentukan. Maksimal nilai penukaran uang rupiah sebesar Rp3,8 juta per nasabah.

BRI juga membuka layanan penukaran uang rupiah pecahan baru di 391 kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Batas penukaran uang rupiah pecahan baru di BRI sebesar Rp3,8 juta dan dapat dilakukan mulai tanggal 27 Maret hingga 20 April .

Cara Tukar Uang Baru di Bank Mandiri

Bank Mandiri juga memungkinkan penukaran uang rupiah pecahan baru secara tunai di 330 kantor cabang di Indonesia tanpa proses pendaftaran. Periode penukaran uang rupiah pecahan baru di Bank Mandiri dimulai dari tanggal 27 Maret hingga 18 April.

Penukaran uang di Bank Mandiri dibatasi 100 nasabah per hari dan 100 lembar untuk setiap denominasi per nasabah. Uang pecahan baru yang dapat ditukarkan mulai dari Rp2.000 sampai Rp20.000. Selain layanan penukaran di kantor cabang, Bank Mandiri juga membuka layanan kas keliling.

Akhir Kata

Demikian ulasan kami tentang cara tukar uang baru di bank. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Maksimal jumlah nominal untuk penukaran uang rupiah pecahan baru adalah Rp3.800.000 dan penukaran ini gratis, tidak dikenakan biaya.

Perlu diingat bahwa walaupun pemesanan tukar uang rupiah pecahan baru dilakukan secara online, masyarakat tetap harus datang ke kantor bank yang dipilih.




FAQ Cara Tukar Uang Baru di Bank

FAQ Cara Tukar Uang Baru di Bank

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar cara tukar uang baru di bank .

1. Apa syarat-syarat untuk menukar uang rupiah di bank?

Untuk menukar uang rupiah di bank, Anda perlu melakukan penukaran uang rupiah di lokasi, tanggal, dan waktu yang telah ditetapkan oleh pihak Bank. Anda juga harus menyertakan bukti pemesanan, membawa uang rupiah yang ingin ditukar dan telah dikemas dengan baik agar tidak merepotkan pegawai bank. Setiap bank juga mungkin memiliki persyaratan tambahan, seperti membawa kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM dari bank tersebut.

2. Berapa jumlah maksimal dan minimal uang rupiah yang dapat ditukar di bank?

Jumlah maksimal uang rupiah yang dapat ditukar di bank adalah sebesar Rp 3.800.000 per nasabah. Sedangkan jumlah minimal penukaran adalah sebesar Rp 100.000 untuk setiap transaksi.

3. Apa saja bank-bank yang menyediakan layanan tukar uang rupiah baru?

Beberapa bank yang menyediakan layanan tukar uang rupiah baru termasuk BRI, BNI, Bank Mandiri, dan bank-bank lainnya yang tersebar di Indonesia. Setiap bank memiliki metode dan periode penukaran yang berbeda.

4. Bagaimana cara tukar uang baru di Bank BNI dan BRI?

Pada Bank BNI, Anda dapat menukar uang rupiah pecahan baru di kantor cabang BNI sesuai dengan daerah dan titik yang telah ditentukan. Sedangkan di Bank Rakyat Indonesia (BRI), Anda dapat mengunjungi salah satu dari 391 kantor cabangnya yang terdekat.

5. Apa saja pecahan uang rupiah yang dapat ditukarkan di Bank Mandiri?

Di Bank Mandiri, Anda dapat menukar pecahan uang rupiah baru mulai dari Rp2.000 sampai dengan Rp20.000. Terdapat juga layanan kas keliling dengan batasan jumlah penukaran per hari dan per nasabah.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa FAQ seputar cara tukar uang baru di Bank . Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan serta periode penukaran di masing-masing bank sebelum melakukan transaksi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button