Cara Unreg Kartu Telkomsel



Panduan Membatalkan Registrasi Kartu Telkomsel – Seringkali, masalah pembatalan registrasi kartu Telkomsel menjadi pertanyaan umum bagi pengguna provider tersebut.

Saat hendak membatalkan registrasi kartu Telkomsel, pengguna hanya perlu melalui proses unregistrasi atau unreg untuk menghapus nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga yang terdaftar pada kartu SIM sebelumnya.

Pembatasan jumlah nomor ponsel yang diberlakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuat pengguna hanya diizinkan memiliki tidak lebih dari tiga kartu, dengan setiap nomor harus melakukan proses registrasi agar tidak melebihi batas maksimum.

Proses registrasi kartu Telkomsel juga memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), sama halnya dengan saat pertama kali melakukan registrasi.

Cara Membatalkan Registrasi Kartu Telkomsel

Oleh karena itu, jika ingin menambahkan kartu SIM prabayar baru, Anda harus melakukan pembatalan registrasi. Lalu, bagaimana cara membatalkan registrasi kartu Telkomsel? Berikut adalah panduannya.

1. Mengirimkan SMS

Mungkin Anda penasaran dengan cara membatalkan registrasi kartu Telkomsel? Saat ini, terdapat empat cara yang dapat dilakukan untuk membatalkan layanan dari operator terbesar di Indonesia, salah satunya adalah melalui SMS.

Berikut langkah-langkah cara membatalkan registrasi kartu Telkomsel melalui SMS:

  • Pastikan Anda menggunakan nomor Telkomsel yang ingin dibatalkan.
  • Buka aplikasi pesan atau message di HP Anda dan pilih fitur untuk membuat pesan baru.
  • Ketik UNREG#Nomor Kartu Keluarga
  • Isikan 4444 di kolom nomor penerima.
  • Pastikan nomor Kartu Keluarga (KK) terisi dengan benar dan kirim SMS tersebut.
  • Registrasi melalui SMS telah selesai, dan Anda akan menerima notifikasi mengenai status pembatalan registrasi nomor Telkomsel.

2. Melalui Dial Up

Jika Anda ingin melakukan pembatalan registrasi dengan cara yang mudah, Anda dapat melakukannya melalui dial up USSD sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan menggunakan nomor Telkomsel yang akan dibatalkan dan siapkan KTP dan KK.
  • Buka menu panggilan di HP dan tekan 4444 di keypad, lalu buat panggilan ke nomor USSD tersebut.
  • Ketik 3 dan kirim balasan, di mana kode 3 merupakan kode untuk melakukan pembatalan registrasi.
  • Masukkan nomor KK yang digunakan saat registrasi nomor tersebut.
  • Kirim balasan dan tunggu notifikasi status pembatalan registrasi dari kartu Telkomsel Anda.
  • Selesai.

3. Mengunjungi Kantor GraPARI

Alternatif lainnya adalah dengan mendatangi kantor GraPARI secara langsung, pastikan membawa kartu keluarga saat mengunjungi GraPARI.

Sampaikan ke petugas GraPARI bahwa Anda ingin membatalkan registrasi kartu SIM Telkomsel dan ikuti prosesnya hingga selesai.

4. Melalui Call Center Telkomsel

Selain alternatif-alternatif di atas, Anda juga dapat membatalkan registrasi kartu Telkomsel dengan menghubungi 888.

Seperti mendatangi kantor GraPARI, namun perbedaannya adalah Anda hanya perlu berbicara dengan petugas melalui telepon tanpa perlu bertemu langsung karena Anda hanya perlu menyampaikan keinginan untuk membatalkan registrasi kartu Telkomsel.

Jika proses pembatalan registrasi selesai, Anda dapat langsung membeli kartu Telkomsel dengan nomor baru di GraPARI secara online.

Seluruh proses dapat dilakukan di rumah mulai dari pemesanan hingga pengantaran kartu ke rumah, sangat mudah bukan?

5. Membatalkan Kartu Telkomsel yang Hilang

Sebelumnya kami telah menjelaskan cara membatalkan registrasi kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif, sekarang kami akan bagikan informasi mengenai cara membatalkan registrasi kartu Telkomsel yang hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi GraPARI terdekat.
  • Gunakan MyGraPARI dan pilih opsi kartu SIM Hilang atau Rusak.
  • Masukkan nomor Telkomsel Anda.
  • Masukkan nomor KTP dan KK sebagai validasi data.
  • Jika semua proses selesai, Anda akan mendapatkan SIM Card baru dengan nomor yang hilang, lalu Anda dapat melakukan pembatalan registrasi dengan salah satu cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Demikianlah isi artikel mengenai Panduan Membatalkan Registrasi Kartu Telkomsel yang telah kami sampaikan secara rinci untuk diikuti.

Saat ini, banyak orang yang memiliki lebih dari satu Smartphone untuk kebutuhan kerja dan pribadi.

Masukkan kartu operator seluler ke Smartphone agar tetap fungsional sebagaimana mestinya untuk melakukan panggilan, SMS, dan mengakses internet menggunakan layanan operator.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang telah kami sampaikan dengan cermat. Selamat mencoba.


Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button