WhatsApp PC (WA PC) Windows & Mac Versi Terbaru

Android62 – WhatsApp PC merupakan platform yang mempunyai peran penting untuk beberapa orang. Khususnya yang mempunyai aktifitas pekerjaan di depan komputer atau PC. Sesuai dengan namanya, whatsapp pc dimana kita bisa akses dan gunakan menggunakan perangkat pc dan juga laptop.

Pertama berawal dari aplikasi yang muncul dalam perangkat smartphone, dan terus berkembangan dengan mengikuti teknologi yang semakin maju. Keberadaan whatsapp sekaan menjadi kebutuhan bagi setiap pengguna, untuk sekarang ini.

Bayangkan hampir semua orang di Indonesia, sudah memiliki smartphone dan penggunanya hampir merata sekarang ini. Nah setiap yang punya smartphone, sudah dibekali dengan aplikasi whatsapp di dalamnya.

Jelas penggunanya sendiri sudah banyak, dan Indonesia juga masuk kedalam daftar negara pengguna whatsapp terbanyak di dunia, selain amerika, india dan negara lainnya. Hal tersebut memang bukan bualan biasa, karena setiap orang pasti sudah memiliki whatsappnya sendiri.

Banyak yang memilih menggunakan whatsapp, karena cara menggunakanya yang mudah serta simple. Selain itu aplikasi tersebut sangat multi fungsi, jadi tidak hanya komunikasi kirim pesan singkat saja yang bisa di lakukan pada wa.

Melainkan kita bisa melakukan beragam aktifitas di sana, misalnya saja bagian komunikasi kita bisa telepon, voice note, video call, dan ada fitur komunikasi terbaru juga di sana. Lalu selain komunikasi, kita bisa mengirim file dengan beragam format yang sudah mendukung dengan aplikasi tersebut.

Misalnya saja mengirim foto / gambar, video, file dokumen, rar, PDF dan masih banyak lagi. Jelas fungsi dari aplikasi ini sangat banyak, dengan penggunaannya yang fleksibel tersebutlah, membuat banyak sekali peminat dari aplikasi tersebut.

Dikarenakan hampir semua orang menggunakan whatsapp, jelas para pekerja yang aktifitasnya di depan komputer atau PC, sangat penting adanya whatsapp. Karena sangat berguna, misalnya saja ketika ingin konfirmasi hasil kerjaan kepada boss atau rekan kerja lainnya.

Pihak developer whatsapp resmi, kini telah membuat para pekerja yang aktifitasnya full di depan PC jadi lebih mudah akses whatsapp. Karena sudah tersedianya WhatsApp PC yang bisa di install pada perangkat pc, dan ada juga whatsapp web.

Penasaran dengan whatsapp pc atau wa pc ini seperti apa, dan bagaimana cara menggunakan serta fungsinya. Anda bisa simak saja ulasan kami kali ini, sampai selesai karena kami sudah merangkum pembahasan tersebut di bawah.

Tentang WhatsApp PC

WhatsApp PC merupakan software yang bisa kita install pada perangkat PC atau laptop kita. Dengan begitu kita bisa akses whatsapp, dengan menggunakan perangkat tersebut jadi jauh lebih mudah dan simple.

Bisa di katakan software tersebut, di khususkan untuk orang yang mempunyai pekerjaan di depan komputer atau PC. Supaya komunikasi jadi lebih mudah, tanpa harus membuka hp terlebih dulu untuk membalas pesan, atau melihat file pekerjaan.

Dengan adanya wa pc juga, jelas penggunanya akan jauh lebih mudah. Misalnya saja saat akan mengirim hasil pekerjaan, kita tidak perlu lagi memidahkan file atau berkas kerjaan dari pc ke hp, lalu di kirim lewat whatsapp di hp.

Jelas memerlukan waktu dan cukup ribet juga, berbeda dengan whatsapp yang sudah terpasang pada PC. Kita sudah bisa langsung mengirim hasil kerjaan kita, yang misalnya berupa berkas kerja, atau file video dan gambar.

Secara fungsi memang tidak jauh berbeda, namun hanya perangkat saja yang membedakannya. Dengan begitu apakah dalam whatsapp pc kita bisa melakukan panggilan telepon, atau video call?

Jelas bisa asalkan beberapa perangkat sudah mendukung, misalnya saja headset yang sudah ada microphone, lalu pc nya sudah di setting sudah bisa terhubung ke microphone. Sedangkan untuk video call, selain microphone pengguna harus siapkan kamera juga, bisa menggunakan webcam dan sudah di setting.

Memang cukup ribet untuk lakukan panggilan melalui whatsapp pc, yang jelas untuk lakukan hal tersebut supaya lebih simple, pengguna lebih baik gunakan laptop saja. Mengingat perangkat tersebut, kebanyakan sudah menyediakan kemera depannya.

Kesimpulannya WhatsApp PC ini sangat cocoknya untuk komunikasi saja, lalu untuk kirim file yang punya ukuran agak besar lebih mudah dari pc.

Download WhatsApp PC (WA PC) Update Versi Terbaru

Perlu anda ketahui, untuk mendownload whatsapp pc ini tidaklah besar, untuk perangkat PC, mengingat pc biasanya mempunyai kapasitas memory yang besar juga. Memang untuk ukurannya berbeda dengan yang ada di smartphone.

Jika yang di smartphone ukurannya 50 mb, maka untuk yang di pc berkisaran 100mb jadi masih tergolong sangat kecil juga.

Tentu untuk mendownloadnya pengguna harus dari browser, dan sudah banyak yang menyediakan. Termasuk kami juga, yang sudah menyediakan link download untuk software wa versi pc, dan berikut informasinya dan link downloadnya.

NamaWhatsApp PC
Ukuran100.8 MB
VersiTerbaru
OS SupportWindows, Mac

Cara Install Softwate Whatsapp PC

Disaat anda sudah berhasil mendownload file software whatsapp pc ini, maka langkah yang bisa anda lakukan adalah install. Proses installnya sendiri tidaklah sulit, bahkan cukup mudah untuk anda lakukan sendiri.

Mengenai caranya, disini kami sudah siapkan juga untuk anda, khususnya untuk yang baru pertama kali mencoba. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini, ikuti sampai selesai.

  1. Setelah anda beres mendownload, buka file manager bagian download.
  2. Cari file software yang sudah anda download.
  3. Disini bisa klik kanan lalu pilih run as, atau dua kalik kanan juga bisa.
  4. Setelah itu, ikuti saja instruksi yang sudah tertera di sana.
  5. Tinggal centang dan klik install, pilih lokasi penyimpanan ingin di simpan di mana.
  6. Sesudah itu pilih install lagi.
  7. Tunggulah sampai proses pemasangan beres.
  8. Selesai

Proses install software di pc memang suka ada yang beda-beda, namun khusus yang ini memang sangat mudah. Bahkan untuk pengguna yang baru pertama kali, tidak akan merasa kesulitan karena instruksinya yang sangat simple.

Cara Login WhatsApp PC

Setelah berhasil di install, ketika di buka aplikasinya pasti anda akan merasa cukup bingung. Karena yang muncul adalah instruksi dan barcode saja. Nah mengenai proses login nya sendiri, sebenarnya sangatlah simple dimana pengguna hanya perlu menyambungkan saja whatsapp di ponsel ke perangkat pc.

Nah bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, atau anda bisa ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama buka software WhatsApp PC di perangkat komputer anda.
  2. Nah nantinya akan muncul instruksi dan barcode di sana.
  3. Setelah muncul, anda buka aplikasi whatsapp di ponsel anda.
  4. Pilih icon tigas titik yang ada di pojok kanan atas.
  5. Pilih Perangkat Tertaut.
  6. Lalu pilih Tautkan Perangkat.
  7. Nanti akan muncul scan barcode, arahkan saja ke bagian barcode yang ada di software whatsapp pc.
  8. Tunggulah beberapa saat, sampai proses program beres.
  9. Selesai, dan sekarang whatsapp sudah terhubung ke wa pc.

Bagaimana mudah bukan, untuk menghubungkan aplikasi whatsapp, ke whatsapp pc? Dengan begitu anda bisa komunikasi di pc menggunakan whatsapp tersebut, tanpa harus cek ponsel anda lagi.

Mengatasi WhatsApp PC yang Bermasalah

WhatsApp PC pada dasarnya sebagai media yang mengbungkan whatsapp di ponsel, supaya bisa di gunakan dalam perangkat komputer. Secara fungsi memang masih sama, namun bedanya lebih fleksibel untuk orang yang aktifitasnya di komputer dalam waktu cukup lama.

Terkadang orang yang kerja di depan komputer sendiri, cukup sering lupa cek whatsapp di ponsel, karena beberapa alasan. Namun jika whatsapp dalam pc, pastinya akan selalu terpantau apa lagi jika ada pesan dari atasan atau rekan kerja yang mana isi pesan tersebut penting.

Namun tidak jarang, kalau pengguna mengalami masalah dalam menghubungkan aplikasi whatsapp ke WhatsApp PC tersebut. Ada beberapa hal yang bisa saja terjadi, dan disini kami akan bagas untuk cara mengatasinya dan apa saja kendala yang mungkin saja bisa terjadi.

1. Kendala Login Pada WhatsApp PC

Tidak jarang saat proses login atau menghubungkan whatsapp dari ponsel ke perangkat pc itu suka ada masalah. Susahnya terhubung untuk login, menjadi kendala yang sering terjadi, misalnya saja dalam proses scan QR Code.

QR Code sendiri memiliki batas waktu tertentu, jika ada terlalu lama membiarkannya biasanya secara otomatis barcode tersebut akan berubah. Namun ada juga yang tidak berubah, sehingga pengguna harus melakukannya secara manual.

Pastikan bagian ini harus cepat juga, jika sampai melewati batas waktu anda bisa reload saja, atau close dulu baru masuk lagi, supaya QR CODE bisa berubah.

2. Konseksi Harus Stabil

Biasanya komputer menggunakan jaringan internet wifi, maka pastikan koneksinya harus benar-benar lancar. Jika koneksi tidak stabil, maka akan sangat lama terhubungnya, bahkan akan selalu gagal untuk bisa terhubung.

Tidak jarang hal ini terjadi, membuat proses singkronisasi menjadi sangat lama, apa lagi jika isi pesan dalam whatsapp and aitus sudah sangat banyak.

3. Kendala Sinkronisasi

Singkronisasi adalah bagian penting dalam WhatsApp PC ini, dimana proses ini biasanya berlangsung beberapa saat. Namun jika isi pesan dalam whatsapp anda sangat banyak, maka proses nya sendiri akan cukup lama.

Namun tidak akan jadi masalah, jika konseksi internet yang anda gunakan sangat lancar, karena seberapa banyakpun akan cepat. Proses ini menjadi bagian yang cukup lama, jika tidak di barengi dengan koneksi internet yang stabil.

4. Kesulitan Mengirim Pesan dan Media

Disata menggunakan WhatsApp PC ini, kita memang bisa mengirim pesan dan media layaknya aplikasi whatsapp di ponsel anda. Namun tidak jarang, para pengguna mengalami kesulitan dalam proses pengiriman, misalnya saja selalu gagal kekirim.

Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal yang terjadi, misalnya saja untuk media pengiriman file yang ukurannya besar. Samahalnya dengan whatsapp di ponsel, yang pengiriman file juga di Batasi, sehingga penggunaan WhatsApp PC juga sama, tidak bisa kirim ukuran file yang besar.

Selain itu faktor koneksi internet juga sangat jadi masalah, jika koneksinya kurang stabil atau jelek. Maka proses pengiriman bisa saja gagal, dan anda harus mengulangi terus menerus jika mengalami hal sama, karena koneksi internet yang jelek.

5. Kesulitan Logout

Nah ketika kita sudah beres menghubungkan whatsapp dari hp ke pc, otomatis sudah terhubung. Namun ketika ingin logout beberapa pengguna mengelami hal yang serupa, iyaitu sulit untuk bisa melakukan logout di sana.

Sebenarnya untuk melakukan logout sendiri cukup mudah, dimana anda tingal masuk ke bagian pengaturan lalu cari logout. Atau bisa juga dari ponsel, dengan masuk ke bagian tautkan perangkat, dan hapus yang sudah pernah terhubung ke perangkat.

Maka secara otomatis, nantinya sudah logout dan ketika membuka kembali WhatsApp PC ini, anda harus login dan scan QR Code lagi.

Keunggulan dan Fitur WhatsApp PC yang Unik

Meningkatnya kebutuhan akan penggunaan WhatsApp, memang terus meningkat. Bahkan untuk pernagkat PC saja, kita sudah bisa menghubungkannya dengan wa yang ada di ponsel kita.

Dengan mengubungkannya begitu, penggunaanya juga jelas jadi lebih fleksibel dan mudah untuk kita gunakan. Samahalnya dengan aplikasinya, kalau dalam versi PC nya juga, telah tersedia beberapa keunggulan dan fitur di dalamnya.

Apa saja fitur keunggulan yang terdapat di dalam WhatsApp PC ini? Nah bisa cek selengkapnya di bawah ini, kami sudah siapkan untuk anda.

Kemudahan Pengiriman Media

Ketika kita akan mengirim file, khususnya file yang ada dalam perangkat pc kita ke teman, kerabat, atau rekan kerja bisa juga atasan kita. Jelas dengan menggunakan WhatsApp PC ini, bisa jauh lebih mudah dan cepat.

Seperti yang sudah kami katakan, kalau penggunaanya sangat fleksibel dimana pengguna kirim file jadi lebih mudah. Jadi kita tidak perlu lagi, copy file dari pc ke hp, lalu di kirim lewat wa di hp, perlu waktu dan tidak episien juga.

Berbeda dengan saat ada whatsapp di pc, bisa langsung kirim dengan tanpa ribet dan mudah di lakukan juga.

Optimalisasi Pengiriman Dokumen

Seperti yang kita ketahui juga, kalau whatsapp merupakan media yang multi fungsi. Bukan hanya komunikasi saja, namun kita juga bisa mengirim file beragam format yang sudah support dengan software tersebut.

Misalnya saja gambar, video, file word, PDF, Excel dan masih banyak lagi, semua file yang sudah support bisa kita kirim melalui WhatsApp PC ini juga.

Keamanan Pesan

Jelas karena ini masih sama seperti whatsapp di ponsel, mengenai keamanan pesan sudah sangat terjaga. Karena WhatsApp PC juga sama, hasil pengembangan pihak resmi dari whatsapp, dan bagian keamanan sudah pasti terjaga dengan sangat aman.

Login Melalui QR Code

Proses login yang sangat mudah dan simple juga menjadi sebuah kelebihan, dimana pengguna tidak perlu memikirkan cara login dengan masukan nomor atau daftar. Mengingat cara aksesnya sendiri, hanya perlu scan QR dan whatsapp dari hp sudah otomatis terhubung ke whatsapp di pc.

Fitur Notifikasi

Ketika ada pesan masuk tidak perlu khawatir, karena akan ada nada notifikasi jika ada pesan yang masuk. Namun itu juga perangkat pc harus sudah terhubung dengan speker atau headset, baru akan muncul suara nada notifikasi.

Apa Perbedaan WhatsApp PC dan Whatsapp Web

Seperti yang kita ketahui, akalu dalam perangkat komputer atau laptop juga ada yang namanya whatsapp web. Nah whatsapp web sendiri, bisa kita akses tanpa harus download apknya, karena berupa situs resmi whatsapp.

Bisa di katakan kalau perbedaanya sangat minim sekali, mungkin perbedaanya jika versi pc itu kita harus download dan install, sedangkan versi web tinggal akses saja websitenya. Cara loginnya juga sama, tampilan tidak jauh berbeda, semua fungsinya juga masih sama.

Namun penggunaan versi PC lebih fleksibel, karena kita tidak perlu lagi akses browser dan terus menerus scan QR ketika ingin aksesnya.

Mungkin hanya itu saja yang membedakanya, karena pada dasarnya secara fungsinya masih sama. Nah jika harus memilih menggunakan versi software atau web, keduanya masih sama tidak ada yang signifikan dalam perubahannya.

Akhir Kata

Demikian saja untuk pembahasan kali ini, tentang WhatsApp PC yang kami ulang. Semoga saja dalam pembahasan kali ini, bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada salah-salah kata kami mohon maaf, sekian dari kami dan terima kasih.

Android62 adalah salah satu situs yang memiliki dedikasi tinggi dalam menyajikan berita dan informasi terbaru seputar teknologi dan aplikasi. Dengan pengalamannya yang panjang dalam dunia blogging, Android62 memiliki kemampuan untuk memahami dan menyampaikan informasi teknologi dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Back to top button