Download Tertunda di Play Store dan Cara Mengatasinya

Download Tertunda di Play Store – Kita semua pernah mengalami masalah dengan Google Play Store pada suatu waktu. Setiap aplikasi pasti memiliki masalah. Namun, beberapa hal lebih membuat frustrasi daripada mencoba download game baru yang sudah lama Anda tunggu untuk dimainkan, hanya saja downloadan Anda menunggu untuk waktu yang sangat lama. Artikel kami kali ini akan membantu Anda untuk mengatasi masalah download pending Play Store ini.

Masalah pada Google Play Store ini sudah menjadi masalah umum. Sudah banyak pengguna smartphone Android yang mendapatkan masalah ini. Rasa frustasi dan jengkel tentu akan Anda alami karena Anda tidak bisa mendownload game atau aplikasi yang ingin Anda install. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi download tertunda di Play Store yang bisa Anda coba di perangkat Android milik Anda.

Untuk mengatasi masalah download pending Play Store ini, Anda perlu melakukan beberapa langkah. Silahkan gunakan cara yang paling mudah sesuai dengan urutan berikut ini. Apabila cara pertama tidak berhasil, silahkan untuk menggunakan cara yang selanjutnya.

1. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Dengan Periksa Downloadan dan Pembaruan Terkini

Lebih sering daripada tidak, penyebab download pending Play Store adalah pembaruan aplikasi secara bersamaan. Anda juga akan menghadapi masalah jika Anda mendownload banyak aplikasi secara bersamaan atau beberapa aplikasi besar.

Tetapi jika Anda sangat perlu mendownload aplikasi tertentu saat itu juga, inilah yang dapat Anda lakukan:

  1. Buka aplikasi Google Play > Menu > My apps & games.
  2. Anda akan melihat aplikasi mana yang sedang dalam proses diperbarui atau didownload.
  3. Cukup tekan tanda X di sebelahnya untuk membatalkan downloadan dan lanjutkan dengan mendownload aplikasi yang sangat Anda butuhkan.

2. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Dengan Periksa Koneksi Internet

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi ini harus selalu menjadi salah satu langkah pertama masalah download pending Play Store yang Anda ambil. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, coba buka situs web di PC Anda atau uji kecepatan internet Anda. Jika tampaknya berfungsi tetapi lambat, restart modem Anda atau hubungi ISP Anda. Jika berfungsi normal tetapi Google Play masih tidak mendownload aplikasi atau game Anda, alihkan ke data seluler untuk sementara.

Pastikan Anda telah mengaktifkan download pada data. Inilah cara melakukannya:

  1. Buka Play Store dan kemudian ketuk tombol menu di sudut kiri atas (tiga baris).
  2. Buka Settings > App download preference > Over any network.
  3. Jika download berjalan seperti biasa, jaringan rumah atau kantor Anda yang harus disalahkan.
  4. Restart modem Anda dan jika semuanya gagal, hubungi penyedia layanan Internet Anda.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

3. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Dengan Periksa Ruang Penyimpanan dan Kartu SD

Penyebab umum masalah download pending Play Store adalah kurangnya ruang penyimpanan di ponsel atau kartu SD Anda. Biasanya Anda akan menerima pemberitahuan jika ruang penyimpanan Anda rendah saat mencoba mendownload game atau aplikasi. Namun, jika Anda masih ingin memastikan penyimpanan tidak menyebabkan download tertunda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Periksa berapa banyak ruang penyimpanan kosong yang Anda miliki secara manual dengan masuk ke menu Settings > Storage.
  2. Kosongkan sebagian ruang dengan mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan atau menghapus foto dan video lama yang telah Anda buat cadangannya di tempat lain.
  3. Coba download game atau aplikasi sekali lagi.

Ruang Penyimpanan Android

Jika masih tertunda, kartu SD Anda mungkin bermasalah. Kartu mungkin tidak diposisikan atau dipasang dengan benar. Batalkan downloadan, keluarkan kartu SD, lalu pasang ulang dengan hati-hati dan coba download kembali.

Baca Juga:  Cara Memperbarui Layanan Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

4. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Dengan Restart Perangkat Android

Jika Anda tidak mendownload apa pun dan koneksi Anda baik-baik saja, tetapi downloadan Anda masih tertunda, Anda harus mencoba untuk restart perangkat Anda. Mungkin ini adalah langkah lain yang tidak perlu dipikirkan, tetapi ini merupakan langkah yang sangat efektif. Cukup tekan dan tahan tombol daya pada perangkat Anda, lalu pilih Restart.

5. Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Dengan Download Aplikasi dan Game Melalui Browser

Anda dapat mencoba menghindari masalah download tertunda di Play Store dengan mendapatkan aplikasi melalui browser seluler atau PC Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web Google Play resmi dan masuk ke akun Google Anda. Setelah selesai, ketikkan nama aplikasi yang Anda inginkan di bilah pencarian.

Anda kemudian cukup tekan install. Anda mungkin diminta memasukkan kata sandi akun Anda sekali lagi. Ketika selesai, Anda dapat memilih perangkat pilihan Anda dari daftar dropdown perangkat yang terkait dengan akun Google.

Situs Web Google Play

6. Cara Mengatasi Download Pending Play Store Dengan Hapus Cache dan Data Aplikasi Google Play

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, sekarang saatnya untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Mengosongkan cache aplikasi Google Play Store sering memecahkan banyak masalah, termasuk masalah download tertunda di Play Store. Langkah-langkah dibawah ini mungkin berbeda tergantung pada versi Android dan UI pabrikan smartphone Anda, tetapi hanya berbeda sedikit.

  1. Buka Settings, lalu Aplikasi.
  2. Temukan Google Play Store dan pilih.
  3. Di bawah tombol Disable, Uninstall updates, dan Force stop, Anda akan melihat Notifikasi Aplikasi dan opsi lainnya. Pilih Storage / Penyimpanan.
  4. Pastikan Google Play ditutup dan tekan tombol Clear Cache.
  5. Anda juga dapat menghapus data dengan tekan tombol Clear Data.
  6. Restart perangkat Anda dan coba untuk download lagi.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

7. Cara Mengatasi Download Pending Play Store Dengan Hapus Cache dan Data Google Play Service serta Aplikasi Download Manager

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, kembali ke menu Aplikasi. Di sudut kanan atas, pilih tombol menu (biasanya tiga titik atau tiga garis) dan pilih Show system. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi sistem. Temukan Google Play Services dan ulangi langkah yang sama untuk membersihkan Cache dan Data. Anda kemudian dapat merestart perangkat Anda atau langsung menuju ke aplikasi Download Manager. Sekali lagi, hapus Data dan Cache dan kemudian restart ponsel Anda.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Aplikasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

8. Cara Mengatasi Download Pending Play Store Dengan Periksa Pembaruan Sistem

Apakah downloadan Anda masih tertunda? Terkadang pembaruan atau patch keamanan mungkin yang dibutuhkan. Untuk memeriksa apakah saat ini tersedia pembaruan untuk perangkat Anda, buka Settings. Geser sepenuhnya ke bawah dan pilih About > Software updates > Check now. Jika pembaruan muncul segera install.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

9. Cara Mengatasi Download Pending Play Store Dengan Ubah Akun Google

Salah satu metode lain yang mungkin membantu Anda menghindari download tertunda di Play Store adalah menghapus atau mengganti akun Google yang terkait dengan Play Store. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Settings dan geser kebawah hingga Anda menemukan Accounts & sync. Pilih menu tersebut.
  2. Temukan akun Google Anda di daftar.
  3. Tap dan pilih Remove account.
  4. Restart perangkat Anda.
  5. Setelah kembali, buka Accounts & sync dan geser kebawah.
  6. Anda akan melihat opsi Add account. Pilih dan tambahkan kembali akun lama Anda atau tambahkan yang baru.
  7. Coba download lagi aplikasi atau game Anda.

10. Cara Mengatasi Download Pending Play Store Dengan Install Ulang Pembaruan Play Store

Jika Anda sudah mencoba semua langkah tetapi tetap tidak berhasil, langkah yang lebih drastis mungkin perlu dilakukan. Menghapus instalasi semua pembaruan Play Store mungkin akan membantu. Anda dapat melakukan ini melalui menu Settings > Apps > Google Play Store> Uninstall updates. Anda mungkin diminta untuk mengubah Play Store ke versi pabriknya. Jika demikian, pilih OK.

Itulah beberapa cara mengatasi download tertunda di Play Store yang bisa Anda lakukan. Jangan sekali-kali melakukan factory reset perangkat Android milik Anda sebelum mencoba semua cara diatas. Jika ada kendala dalam melakukan langkah-langkah tersebut, silahkan mention melalui menu komentar yang ada dibawah halaman ini.

android62

android62 merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget Android serta informasi tutorial Android terbaru dan terupdate.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button