Cara Mengecek Kecepatan Internet

Cara Mengecek Kecepatan Internet – Menguji kinerja koneksi internet Anda adalah hal yang mudah. Anda tidak memerlukan perangkat lunak tambahan lainnya. Yang Anda butuhkan hanyalah PC dengan jaringan internet. Tetapi ada juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda mendapatkan pembacaan paling akurat dari koneksi internet Anda. Artikel ini akan mengajarkan kepada Anda untuk tes kecepatan internet yang Anda miliki. Tidak ada hal khusus dan rumit yang harus dilakukan agar bisa melakukan check kecepatan internet milik Anda.

Untuk mendapatkan hasil check kecepatan internet yang terbaik, gunakan koneksi kabel jika memungkinkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan dan fluktuasi kinerja yang dapat terjadi saat Anda menggunakan Wi-Fi. Jika Anda memiliki perangkat kabel lain di jaringan rumah Anda, sambungkan komputer uji Anda langsung ke modem. Sehingga koneksi lain tidak ikut campur dalam tes kecepatan internet Anda.

Jika Anda terpaksa untuk menggunakan Wi-Fi dalam melakukan check kecepatan internet ini, lakukan apa yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan gangguan. Pastikan router Wi-Fi Anda jauh dari perangkat elektronik lain seperti telepon nirkabel dan putuskan sementara perangkat lain dari jaringan Wi-Fi Anda. Anda tidak ingin komputer lain di jaringan Anda tiba-tiba mengunduh perangkat lunak untuk pembaruan dengan ukuran yang besar saat Anda menjalankan tes kecepatan internet ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengecek kecepatan internet di PC dan Android.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC (Komputer)

Jika Anda lebih sering online dengan menggunakan PC di rumah, maka tidak ada salahnya jika Anda sesekali melakukan tes kecepatan internet yang Anda miliki. Hal ini untuk memastikan bahwa provider internet yang Anda gunakan saat ini telah memberikan layanan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

1. Google Fiber Speed Test

Cara mengecek kecepatan internet pertama adalah dengan menggunakan Google Fiber Speed Test. Google Fiber Speed Test adalah tes kecepatan internet terbaik dari Google. Salah satu penyedia asli serat optik di seluruh dunia. Sementara serat optik dikenal untuk menawarkan beberapa kecepatan tercepat. Kebanyakan orang mengandalkan koneksi nirkabel untuk memberi daya pada koneksi internet mereka.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Google Fiber Speed Test

Meskipun dirancang dengan mempertimbangkan Google Fiber, Google Fiber Speed Test dapat digunakan untuk melakukan check kecepatan internet apa pun. Antarmuka pengguna bersih dan minimalis, sesuatu yang diharapkan pengguna dari Google. Bebas dari iklan yang berantakan, pengguna diarahkan untuk mengklik tombol putar. Mengklik tombol putar akan memulai tes, dengan hasil cepat muncul di speedometer di tengah layar. Di sini Google juga menawarkan tautan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengujian kecepatan secara umum, apa yang mempengaruhi kecepatan, dan cara meningkatkan kecepatan internet.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Google Fiber :

  1. Buka http://speedtest.googlefiber.net/
  2. Klik tombol panah berwarna biru
  3. Muncul notifikasi, pilih CONTINUE

Kelebihan Google Fiber Speed Test

  • Antarmuka pengguna sederhana
  • Tanpa iklan
  • Gratis

2. Online Speedtest by Ookla

Cara mengecek kecepatan internet kedua adalah dengan menggunakan Speed Test. Ookla adalah penyedia asli tes kecepatan internet online gratis. Sebagai pemimpin global dalam pengujian kecepatan internet, pengguna dapat mempercayai Ookla untuk memberikan hasil yang akurat yang mengukur kinerja dan diagnostik jaringan. Dengan mengklik satu tombol, pengguna dapat memanfaatkan check kecepatan internet gratis Ookla untuk mengetahui informasi yang paling tidak bias mengenai kecepatan internet real-time mereka. Tidak seperti beberapa penyedia tes kecepatan di sini. Ookla bukan penyedia internet dan karenanya tidak memiliki konflik kepentingan ketika datang untuk memberikan check kecepatan internet gratis.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Speed Test Ookla

Yang paling menarik dari Ookla’s Speedtest adalah ia menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memilih server uji di mana saja di dunia. Meskipun Ookla akan secara otomatis memasangkan Anda dengan layanan regional. Anda dapat memilih sendiri dengan mengeklik tautan ‘Ubah Server’ dan memasukkan pencarian di bilah pencarian. Ini bagus untuk mereka yang ingin tahu tentang waktu ping antara mereka dan orang lain di wilayah geografis yang jauh.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Ookla :

  1. Buka https://www.speedtest.net/
  2. Klik tombol GO
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan Ookla Speed Test

  • Pemimpin Global
  • Pemilihan Server
  • Gratis

3. Fast

Cara mengecek kecepatan internet ketiga adalah dengan menggunakan Fast.com. Ini adalah situs untuk tes kecepatan Internet gratis yang mudah digunakan yang dijalankan oleh Netflix. Situs ini mengukur kecepatan unduhan Anda dengan menguji koneksi Anda antara perangkat Anda dan server Netflix, yang mereka gunakan dalam sistem pengiriman konten mereka.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Fast

Cukup kunjungi Fast.com situs web uji kecepatan Netflix resmi dan langsung kecepatan internet Anda untuk ditampilkan di layar. Jika beberapa Mbps kurang dari yang Anda harapkan, tidak ada alasan untuk khawatir.

Baca Juga:  Cara Setting Open Camera dan Cara Menggunakan Open Camera

Netflix terutama mengharapkan ini untuk digunakan oleh orang-orang yang ingin menguji apakah kecepatan mereka saat ini dapat menangani konten Netflix, namun hasil yang Anda dapatkan sangat mirip dengan hasil yang akan Anda dapatkan dengan tes kecepatan langsung dari ISP Anda.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Fast.com :

  1. Buka https://fast.com/
  2. Anda tidak perlu melakukan apa-apa, tes kecepatan internet akan dimulai secara otomatis
  3. Tunggu hingga proses check kecepatan internet selesai

Kelebihan Fast.com Speed Test

  • Tanpa iklan
  • Antarmuka super bersih
  • Tes berjalan pada protokol https aman

4. Speedof.me

Cara mengecek kecepatan internet keempat adalah dengan menggunakan Speedof.me. Ini adalah situs untuk tes kecepatan Internet dengan HTML5 yang dirancang untuk sebagian besar sistem operasi dan dioptimalkan untuk perangkat seluler. Speedof.me menawarkan program yang berguna untuk menguji kecepatan unduh dan unggah internet Anda, memvisualisasikan hasil dalam grafik berwarna secara real time.

Tes kecepatan internet dengan Speedof

Jika Anda ingin melakukan beberapa tes kecepatan dari waktu ke waktu, Speedof.me menyertakan grafik riwayat untuk membantu Anda membandingkan hasil sebelumnya. Ini dapat berguna untuk menjalankan diagnostik kecepatan yang terkait dengan potensi pelambatan atau jam sibuk. Karena penyedia terkadang dapat kewalahan oleh penggunaan populer, Speedof.me dapat membantu Anda menentukan waktu kapan koneksi internet Anda paling kuat.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Speedof.me :

  1. Buka https://speedof.me/
  2. Klik ACCEPT yang ada di kanan atas
  3. Klik START TEST
  4. Tunggu hingga proses check kecepatan internet selesai

Kelebihan Speedof.me Speed Test

  • HTML5 dioptimalkan untuk Smartphone dan Desktop
  • Gratis
  • Visualisasi data yang nyaman

5. AT&T Internet Speed Test

Cara mengecek kecepatan internet kelima adalah dengan menggunakan Speed Test dari AT&T. Perusahaan ini menawarkan tes kecepatan Internet online oleh DSLReports. Meskipun terlihat agak ketinggalan jaman, layanan itu sendiri berkinerja baik dan memberikan hasil yang akurat. Situs ini menampilkan hasil check kecepatan internet sebagai teks biasa, membuatnya mudah untuk menyalin dan menyimpannya untuk nanti.

Tes kecepatan internet dengan AT&T

Cara mengecek kecepatan internet dengan AT&T :

  1. Buka http://speedtest.att.com/speedtest/
  2. Klik Start
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan AT&T Speed Test

  • Menyediakan perkiraan unduhan untuk File MP3 dan Klip Video
  • Menyediakan perkiraan pengunggahan untuk Lampiran Email dan Galeri Foto

6. Xfinity Speed Test

Cara mengecek kecepatan internet keenam adalah dengan menggunakan Xfinity. Tes kecepatan internet Xfinity oleh Comcast Cable Communications adalah alat yang berguna untuk check kecepatan Internet Anda dengan cepat. Hanya perlu beberapa detik untuk mengunduh dan mengunggah angka kecepatan, dan bahkan akan memberi tahu Anda apa latensi Anda di seluruh jaringan. Seperti layanan serupa lainnya, secara otomatis memilih server untuk melakukan ping untuk mengukur kecepatan Anda. Namun, jika Anda mau, Anda dapat memilih lokasi pengujian Anda sendiri. Layanan ini tidak terhambat oleh iklan, yang luar biasa.

Check kecepatan internet dengan Xfinity

Xfinity juga berbagi beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kecepatan tentang penempatan router, kemampuan perangkat, memperbarui sistem operasi, dll.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Xfinity :

  1. Buka https://speedtest.xfinity.com/
  2. Klik Start Test
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan Xfinity Speed Test

  • Tanpa iklan
  • Tes berjalan pada protokol https aman
  • Anda dapat memilih lokasi pengujian
  • Dukungan untuk IPv6 dan IPv4
  • Berbagi hasil tes
  • Mudah digunakan

7. SpeedSmart

Cara mengecek kecepatan internet ketujuh adalah dengan menggunakan SpeedSmart. SpeedSmart adalah tes kecepatan Internet yang berguna yang menyediakan informasi tentang kecepatan unduh / unggah, dan informasi ping untuk koneksi Anda. Informasi ping itu bisa berharga jika Anda mencoba melakukan analisis yang lebih mendalam tentang koneksi Anda.

Check kecepatan internet dengan SpeedSmart

SpeedSmart mendukung serangkaian pengaturan tingkat lanjut untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari koneksi internet Anda. Dan menawarkan aplikasi iOS dan Android yang dapat Anda unduh dan jalankan untuk menjaga riwayat hasil.

Baca Juga:  Cara Mengetahui dan Cara Melihat Pesan WhatsApp Yang Dihapus

Berkat daftar riwayat terperinci, bagan, dan statistik yang disimpan alat ini, Anda selalu dapat melacak nilai kecepatan koneksi Internet Anda.

Cara mengecek kecepatan internet dengan SpeedSmart :

  1. Buka https://speedsmart.net/
  2. Klik Start Speedtest
  3. Tunggu hingga proses check kecepatan internet selesai

Kelebihan SpeedSmart Speed Test

  • Mudah digunakan
  • Tidak muncul iklan

8. Speedcheck.org

Cara mengecek kecepatan internet kedelapan adalah dengan menggunakan Speedcheck.org. Mungkin tidak banyak yang tahun tentang penyedia jasa tes kecepatan internet satu ini. Selain berguna untuk check kecepatan internet, Speedcheck juga memberikan beberapa informasi yang berguna terkait dengan kecepatan internet. Informasi ini berupa panduan lengkap yang berisi dasar-dasar koneksi internet, Modem dan Router, dll.

Speedcheck Internet Speed Test

Di Speedcheck Anda juga akan mendapatkan solusi terkait dengan kecepatan internet yang lambat. Seperti Mengapa internet saya lambat? Penyelesaian Masalah Koneksi Internet Anda dan juga Apa yang harus dilakukan jika tidak ada yang berhasil Anda lakukan dalam upaya meningkatkan kecepatan internet Anda.

Cara mengecek kecepatan internet dengan Speedcheck.org :

  1. Buka https://www.speedcheck.org/id/
  2. Klik Mulai Uji
  3. Tunggu hingga proses check kecepatan internet selesai

Kelebihan Speedcheck.org Speed Test

  • Antarmuka yang bersih
  • Menyediakan panduan kecepatan internet
  • Memberikan solusi internet yang lambat

9. Speedtest.cbn.id

Cara mengecek kecepatan internet kesembilan adalah dengan menggunakan Speed Test dari CBN. Pada awal sejarah industri komunikasi Indonesia, CBN telah menjadi salah satu pelopor yang sangat kuat muncul dari fokusnya dalam bisnis, komitmen dalam layanan, dan inovasi produk tanpa akhir. CBN adalah perusahaan TIK terkemuka di Indonesia, menyediakan Layanan Internet, Pusat Data, Cloud Computing, dan TV Interaktif yang paling dapat diandalkan. CBN memiliki ribuan kilometer infrastruktur Jaringan Serat Optik dan berkembang pesat sejak di Indonesia sejak tahun 1996.

CBN Internet Speed Test

Tidak heran kalau CBN memiliki situs untuk melakukan tes kecepatan internet secara online. Karena dilihat dari latar belakang perusahaan adalah merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi dan komunikasi besar di Indonesia.

Cara mengecek kecepatan internet dengan CBN :

  1. Buka https://speedtest.cbn.id/
  2. Klik Go !!
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan CBN Speed Test

  • Antarmuka bersih
  • Mudah digunakan
  • Tanpa iklan

10. nPerf.com

Cara mengecek kecepatan internet terakhir adalah dengan menggunakan nPerf. Penyedia layanan tes ini memberikan kualitas secara akurat dalam check kecepatan internet Anda. Check kecepatan internet ini bergantung pada algoritme eksklusif yang memungkinkan Anda mengukur bitrate unduhan secara akurat, bitrate unggahan, dan latensi koneksi Anda. nPerf menggunakan jaringan server khusus di seluruh dunia, yang dioptimalkan untuk memberikan bitrate yang cukup untuk memenuhi check kecepatan internet Anda, sehingga mereka dapat mengukur bitrate-nya secara akurat.

nPerf Internet Speed Test

Penguji tes kecepatan internet nPerf kompatibel dengan semua koneksi broadband dan seluler. Baik ADSL, VDSL, kabel, serat optik FTTH / FTTB, satelit, wifi, wimax, seluler 2G / 3G / 4G (LTE), 5G.

Penguji kecepatan internet nPerf telah dirancang oleh para antusias telekomunikasi untuk memungkinkan Anda mengukur kecepatan koneksi Internet Anda dengan mudah, hanya dalam satu klik. Check kecepatan internet ini benar-benar bebas dari iklan.

Cara mengecek kecepatan internet dengan nPerf :

  1. Buka https://www.nperf.com/id/
  2. Klik Start test
  3. Tunggu hingga proses tes kecepatan internet selesai

Kelebihan nPerf Speed Test

  • Menyediakan pilihan unit bitrate
  • Menyediakan pilihan lokasi server
  • Informasi yang lengkap
  • Antarmuka yang informatif

Cara Mengecek Kecepatan Internet di Android

Saat ini, ada puluhan aplikasi untuk check kecepatan internet untuk Android yang dapat Anda download. Namun, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan laporan otentik dari masing-masing aplikasi tersebut. Untuk membantu Anda, kami akan berbicara tentang aplikasi check kecepatan internet yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga:  Cara Memperkecil Ukuran PDF (Kompres PDF) di Android dan PC

1. SpeedSmart

Saat Anda tidak mendapatkan kecepatan internet yang dijanjikan, SpeedSmart Speed Test berguna untuk melakukan tes kecepatan internet untuk Anda. SpeedSmart tidak perlu diperkenalkan karena kemampuan dan basis penggunanya. Alat ini membantu Anda mendapatkan hasil optimal berdasarkan berbagai faktor. SpeedSmart membantu Anda mengetahui kecepatan unduh, kecepatan unggah dan waktu ping jaringan. Anda juga dapat memeriksa seluruh riwayat tes untuk membandingkan kecepatan saat ini dan sebelumnya. Dengan cara ini, Anda bisa tahu apakah sudah waktunya untuk mengubah operator atau tidak. Anda dapat menikmati alat ini di platform Android.

Download SpeedSmart

2. V-SPEED

V-SPEED Speed Test tidak perlu diperkenalkan sebagai salah satu aplikasi tes kecepatan terbaik untuk Android. Ini adalah aplikasi hebat yang membantu Anda untuk melakukan tes kecepatan koneksi internet dengan antarmuka yang modern dan intuitif. V-SPEED dilengkapi dengan Wi-Fi inbuilt dan alat pencarian sinyal seluler dengan kemampuan untuk memilih server default untuk uji kecepatan. Dengan V-SPEED, Anda selalu dapat menguji kecepatan unduh dan unggah serta mengetahui penundaan waktu ping. Juga, alat ini memberi Anda informasi dasar tentang koneksi Anda seperti alamat IP, operator dll.

Download V-SPEED

3. FAST

FAST adalah aplikasi check kecepatan internet lain yang disediakan untuk Anda dari Netflix Inc. Dengan cara ini, Netflix memastikan bahwa Anda mendapatkan kecepatan yang cukup untuk menikmati film dan pertunjukan favorit Anda melalui layanan streaming daring. Anda juga dapat mengunjungi situs web FAST.com untuk memeriksa kecepatan internet di desktop Anda. Dengan FAST di ponsel cerdas Anda, Anda dapat mengetahui kecepatan unduh, kecepatan unggah, latensi, lokasi Anda saat ini, alamat IP serta penyedia layanan internet Anda dengan lokasi servernya.

Download FAST

4. Meteor

Meteor adalah aplikasi hebat lainnya yang membantu Anda melakukan tes kecepatan internet. Alat ini dirancang khusus untuk menentukan apakah Anda mendapatkan kecepatan yang dijanjikan untuk unduhan dan unggahan Anda atau tidak. Salah satu hal terbaik tentang Meteor adalah bahwa ia tidak pernah memberikan Anda kecepatan puncak (maksimum) dan hanya menghasilkan kecepatan rata-rata sebagai hasilnya, yang Anda dapatkan sebagian besar . Meteor melakukan pemeriksaan kinerja pada Wi-Fi dan internet seluler Anda dengan menjalankan tes kecepatan Facebook dan Twitter. Ini juga dapat membantu Anda mengetahui uji kecepatan video streaming.

Download Meteor

5. Speedtest Ookla

Speedtest oleh Ookla adalah salah satu aplikasi tes kecepatan internet paling populer yang juga membantu Anda memeriksa koneksi internet. Ookla memberi Anda hasil check kecepatan internet yang mudah dipahami untuk koneksi internet Anda. Dengan Ookla, Anda dapat mengetahui unduhan, kecepatan unggah internet Anda dengan penundaan waktu pingnya. Ookla juga melacak hasil pencarian Anda, yang nantinya dapat Anda gunakan untuk membandingkan kecepatan saat ini untuk menentukan apakah telah meningkat atau apakah sudah saatnya untuk beralih operator. Ookla juga merupakan salah satu dari sedikit aplikasi yang memungkinkan Anda memverifikasi dan memecahkan masalah kecepatan internet yang dijanjikan pada perangkat Anda.

Download Speedtest

Saat Anda menjalankan cara mengecek kecepatan internet ini, periksa ulang untuk memastikan bahwa komputer Anda tidak mengunduh sesuatu. Periksa Task Manager pada Windows (dipanggil dengan menekan control+alt+delete) dan cari statistik jaringan (ini berlabel “Networking” pada Windows).

Tutup semua aplikasi di komputer Anda agar aplikasi tidak mengunduh pembaruan perangkat lunak saat Anda menjalankan check kecepatan internet. Penggunaan bandwidth Anda mungkin tidak turun ke nol dan tetap di sana, tetapi Anda menginginkannya sedekat mungkin dengan nol. Jika sistem operasi Anda mengunduh pembaruan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menunggu dan melakukan check kecepatan internet nanti.

Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi internet Anda, adalah ide yang baik untuk mengatur ulang modem dan router Anda. Matikan dan cabut stekernya untuk beberapa saat, lalu colokkan kembali dan nyalakan. 

Itulah beberapa cara mengecek kecepatan internet yang bisa Anda coba. Melakukan check kecepatan internet Anda secara teratur adalah pertahanan terbaik agar tidak dimanfaatkan oleh penyedia layanan internet Anda. Meskipun Anda pasti dapat menggunakan check kecepatan internet milik penyedia layanan Anda. Hal itu selalu baik untuk referensi silang hasil Anda dengan tes pihak ketiga yang independen. Dengan cara ini Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar secara penuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini