apa itu snapdragon

Apa Itu Snapdragon – Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui Snapdragon. Snapdragon adalah paket semikonduktor System on a Chip (SoC) untuk perangkat seluler yang dirancang dan dipasarkan oleh Qualcomm Technologies Inc. Snapdragon Central Processing Unit (CPU) menggunakan set instruksi ARM RISC. Satu SoC dapat mencakup beberapa inti CPU, unit pemrosesan grafis Adreno (GPU), modem nirkabel Snapdragon, prosesor sinyal Digital Hexagon (DSP), Qualcomm Spectra Image Signal Processor (ISP) dan perangkat lunak serta perangkat keras lain untuk mendukung smartphone di smartphone global positioning system (GPS), kamera, video, audio, pengenalan gerakan dan akselerasi AI. Semikonduktor Snapdragon tertanam di perangkat berbagai sistem, termasuk Android, Windows Phone, dan netbook. Mereka juga digunakan dalam mobil, perangkat yang dapat dipakai dan perangkat lainnya. Selain prosesor, jajaran Snapdragon mencakup modem, chip wi-fi dan produk pengisian daya ponsel.

Produk Snapdragon pertama yang tersedia untuk produsen perangkat konsumen adalah QSD8250, yang dirilis pada Desember 2007. Ini termasuk prosesor 1 GHz pertama untuk ponsel. Qualcomm memperkenalkan mikroarsitektur “Krait” pada generasi kedua Snapdragon SoCs pada 2011, yang memungkinkan setiap inti prosesor menyesuaikan kecepatannya berdasarkan kebutuhan perangkat. Pada Consumer Electronics Show 2013, Qualcomm memperkenalkan seri Snapdragon 800 pertama dan mengganti nama model sebelumnya menjadi seri 200, 400 dan 600. Beberapa literasi baru telah diperkenalkan sejak itu, seperti Snapdragon 805, 810, 615 dan 410. Qualcomm membuat merek ulang produk modemnya dengan nama Snapdragon pada Desember 2014. Pada 2018, Asus, HP dan Lenovo telah mulai menjual laptop dengan Snapdragon CPU berbasis Windows 10 dengan nama “Always Connected PCs”, menandai entri ke pasar PC untuk Qualcomm dan arsitektur ARM. Mungkin hal diatas bisa menjawab sedikit pertanyaan kalian tentang apa itu Snapdragon.

Artikel dibawah ini akan menjelaskan secara singkat kepada Anda tentang sejarah dari dibuatnya prosesor Snapdragon. Simak artikel berikut agar menambah pengetahuan Anda tentang Snapdragon.

Apa Itu Snapdragon: Pra-rilis Chipset Snapdragon

Qualcomm mengumumkan sedang mengembangkan CPU (Central Processing Unit) Scorpion pada November 2007. Sistem Snapdragon pada chip (SoC) diumumkan pada bulan November 2006 dan termasuk prosesor Scorpion, serta semikonduktor lainnya. Ini juga termasuk prosesor sinyal digital Hexagon (DSP) kustom pertama milik Qualcomm.

Menurut juru bicara Qualcomm, bernama Snapdragon karena “Snap dan Dragon terdengar cepat dan sengit.” Bulan berikutnya, Qualcomm mengakuisisi Airgo Networks dengan jumlah yang tidak diungkapkan, teknologi Wi-Fi 802.11a / b / g dan 802.11n Airgo akan diintegrasikan dengan rangkaian produk Snapdragon. Versi awal Scorpion memiliki desain inti prosesor yang mirip dengan Cortex-A8.

Baca Juga:  Urutan Prosesor MediaTek Terbaru dan Kelebihan Prosesor MediaTek

Apa Itu Snapdragon: Produk Awal Snapdragon

Apa Itu Snapdragon: Produk Awal Snapdragon

Pengiriman Snapdragon pertama adalah dari QSD8250 pada November 2007. Menurut CNET, klaim Snapdragon untuk ketenaran adalah memiliki prosesor mobile 1 GHz pertama. Sebagian besar smartphone pada saat itu menggunakan prosesor 500 MHz. Produk Snapdragon generasi pertama mendukung resolusi 720p, grafik 3D, dan kamera 12 megapiksel. Pada November 2008, 15 produsen perangkat memutuskan untuk menanamkan semikonduktor Snapdragon dalam produk elektronik konsumen mereka.

Pada November 2008, Qualcomm mengumumkan akan bersaing dengan Intel di pasar prosesor netbook dengan dual-core Snapdragon System-on-Chips yang direncanakan untuk akhir 2009. Hal ini menunjukkan prosesor Snapdragon mengkonsumsi daya lebih sedikit daripada chip Intel yang diumumkan pada waktu yang sama dan mengklaim chip ini juga akan lebih murah saat dirilis. Pada bulan yang sama, Qualcomm memperkenalkan netbook prototipe berbasis Snapdragon yang disebut Kayak yang menggunakan prosesor 1,5 GHz dan ditujukan untuk pasar yang sedang berkembang.

Pada Mei 2009, Java SE dioptimalkan untuk Snapdragon. Pada acara Computex Taipei November 2009, Qualcomm mengumumkan penambahan QSD8650A ke rangkaian produk Snapdragon, yang didasarkan pada proses pembuatan 45 nanometer. Ini menampilkan prosesor 1,2 GHz dan memiliki konsumsi daya yang lebih rendah daripada model sebelumnya.

Apa Itu Snapdragon: Adopsi SoC Snapdragon

Apa Itu Snapdragon: Adopsi SoC Snapdragon

Saatnya kita membahas lebih jauh tentang apa itu Snapdragon dan chipset yang diproduksi. Pada akhir 2009, produsen smartphone mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Snapdragon SoC di Acer Liquid Metal, HTC HD2, Toshiba TG01 dan Sony Ericsson Xperia X10. Lenovo mengumumkan produk netbook pertama menggunakan Snapdragon SoCs pada Desember itu. Menurut PC World, perangkat seluler yang menggunakan Snapdragon memiliki daya tahan baterai lebih baik dan ukurannya lebih kecil daripada yang menggunakan SoC lainnya.

Pada Juni 2010, chip Snapdragon tertanam di 20 perangkat konsumen yang tersedia dan dimasukkan ke dalam 120 desain produk dalam pengembangan. Apple memiliki posisi pasar yang dominan untuk smartphone pada saat itu dan tidak memasukkan Snapdragon ke dalam produknya. Keberhasilan Snapdragon saat itu bergantung pada ponsel Android yang sedang bersaing, seperti Google Nexus One dan HTC Incredible, yang menantang posisi pasar Apple. Perangkat Android akhirnya mengambil pangsa pasar dari iPhone dan sebagian besar menggunakan Snapdragon.

Ada laporan yang belum dikonfirmasi tetapi banyak beredar yang berspekulasi bahwa Apple akan mulai menggunakan Snapdragon SoC di iPhone berbasis Verizon. Pada 2012, Apple masih menggunakan desain semikonduktor Ax mereka sendiri. Dukungan untuk sistem operasi Windows Phone 7 telah ditambahkan ke Snapdragon pada Oktober 2010.

Lebih jauh tentang apa itu Snapdragon. Pada 2011 Snapdragon telah tertanam di perangkat WebOS Hewlett Packard dan memiliki pangsa pasar 50% dari pasar prosesor ponsel pintar senilai $7,9 miliar. Pada 2012, Snapdragon S4 (Krait) telah mengambil bagian dominan dari Sistem-on-Chip Android lainnya seperti Nvidia Tegra dan Texas Instruments OMAP yang menyebabkannya keluar dari pasar. Pada Juli 2014, pangsa pasar ponsel Android telah tumbuh menjadi 84,6 persen, dan chip Snapdragon Qualcomm tertanam di 41% smartphone. Namun, debut September 2013 chip Apple 64-bit A7 di iPhone 5S memaksa Qualcomm untuk merilis produk 64-bit yang bersaing, meskipun kinerja Snapdragon 800/801/805 yang mumpuni, karena core Krait yang ada hanya 32-bit. SoC 64-bit pertama, Snapdragon 808 dan 810, dilarikan ke pasar menggunakan inti Cortex-A57 dan Cortex-A53 generik dan menderita masalah overheating dan pelambatan, khususnya 810, yang membuat Samsung berhenti menggunakan Snapdragon untuk Galaxy S6-nya dan phablet Galaxy Note 5.

Chip Snapdragon juga digunakan di sebagian besar jam tangan pintar berbasis Android. Produk-produk Snapdragon juga telah digunakan dalam produk-produk virtual reality, pada kendaraan seperti Maserati Quattroporte dan Cadillac XTS dan dalam aplikasi lain.

Era Snapdragon ARM 32-bit

Snapdragon ARM 32-bit

Pada Juni 2010, Qualcomm mulai mencicipi produk Snapdragon generasi ketiga, dua sistem dual-core 1,2 GHz pada chip (SoC) yang disebut Mobile Station Modem (MSM) 8260 dan 8660. 8260 untuk jaringan GSM, UMTS dan HSPA +, sedangkan 8660 untuk jaringan CDMA2000 dan EVDO. November Qualcomm mengumumkan MSM8960 untuk jaringan LTE.

Pada awal 2011, Qualcomm mengumumkan arsitektur prosesor baru yang disebut Krait, yang menggunakan set instruksi ARM v7, tetapi didasarkan pada desain prosesor Qualcomm sendiri. Prosesor itu disebut S4 dan memiliki fitur bernama Asynchronous Symmetrical Multi-Processing (aSMP). Yang berarti setiap inti prosesor menyesuaikan kecepatan dan tegangan clock berdasarkan aktivitas perangkat untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Model sebelumnya diubah namanya menjadi S1, S2 dan S3 untuk membedakan setiap generasi.

Generasi S4 dari Snapdragon SoCs mulai dikirimkan ke produsen produk dengan MSM8960 pada Februari 2012. Dalam tes benchmark oleh Anandtech, MSM8960 memiliki kinerja yang lebih baik daripada prosesor lain yang diuji. Dalam keseluruhan sistem benchmark, 8960 memperoleh skor 907, dibandingkan dengan 528 dan 658 masing-masing untuk Galaxy Nexus dan HTC Rezound. Dalam uji benchmark Quadrant, yang menilai daya pemrosesan mentah, prosesor Krait dual-core memiliki skor 4.952. Sedangkan quad-core Tegra 3 hanya di bawah 4.000. Versi quad-core, APQ8064, tersedia pada Juli 2012. Itu adalah SoC Snapdragon pertama yang menggunakan unit pemrosesan grafis (GPU) Qualcomm Adreno 320.

Seri entry-level 200 diperluas dengan enam prosesor baru menggunakan manufaktur 28 nanometer dan opsi dual atau quad-core pada Juni 2013. Snapdragon 210 entry-level, ditujukan untuk ponsel murah, diumumkan pada September 2014. Mungkin kalian sudah banyak mengerti apa itu Snapdragon setelah membaca era ARM 32-bit diatas.

Baca Juga:  Urutan Prosesor HP Terbaik Android Saat Ini (2020)

Era Snapdragon ARM 64-bit

Snapdragon ARM 64-bit

Setelah, upaya pertama Qualcomm pada sistem 64-bit pada sebuah chip. Mereka menciptakan arsitektur in-house baru, yang pada model selanjutnya menunjukkan kinerja termal yang lebih baik. Terutama jika dibandingkan dengan model Snapdragon yang diluncurkan setelah 2015, seperti Snapdragon 820.

Pada awal 2016, Qualcomm meluncurkan Snapdragon 820, prosesor quad-core ARM 64-bit menggunakan core Kryo yang dirancang sendiri. Qualcomm meluncurkan Snapdragon 821 yang diperbarui. Kemudian di tahun itu dengan kecepatan clock yang lebih tinggi dan kinerja yang sedikit lebih baik. Keluarga Snapdragon 820 menggunakan proses FinFET 14-nanometer Samsung. Qualcomm juga merilis Qualcomm Snapdragon Neural Processing Engine SDK yang merupakan akselerasi AI pertama pada smartphone.

Apa itu Snapdragon pada era modern sekarang. Qualcomm mengumumkan octa-core Snapdragon 835 SoC pada 17 November 2016. Dirilis pada tahun berikutnya, menggunakan Kryo 280 core dan dibangun menggunakan proses FinFET 10-nanometer Samsung. Pada peluncuran awal, karena peran Samsung dalam pembuatan chip, divisi mobile-nya juga mengakuisisi persediaan awal chip. Itu berarti bahwa tidak ada pembuat ponsel lain yang dapat memproduksi produk yang mengandung Snapdragon 835. Hingga Samsung merilis perangkat andalannya tahun ini, Galaxy S8.

Pada Desember 2017, Qualcomm mengumumkan octa-core Snapdragon 845. Chip ini menggunakan proses pembuatan 10-nanometer yang sama seperti Snapdragon 835 sebelumnya. Tetapi memperkenalkan arsitektur prosesor baru, Kryo 385. Yang dirancang untuk daya tahan baterai yang lebih baik, fotografi, dan untuk gunakan dengan aplikasi kecerdasan buatan.

Pada awal 2018, Qualcomm memperkenalkan seri 7, yang berada di antara seri 6 dan 8 dalam hal harga dan kinerja. 700 diluncurkan dengan model octa-core Snapdragon 710 dan 712, menggunakan arsitektur prosesor Kryo 360, dan dibangun pada proses pembuatan 10-nanometer.

Pada tahun 2019, Qualcomm merilis varian baru dari prosesor mobile-nya, dengan Snapdragon 855 menggantikan 845. Snapdragon 855 bersaing dengan solusi Sistem-on-Chip high-end lainnya seperti Apple A12, dan Kirin 980. Snapdragon 855 menampilkan Kryo 485 core , dibangun di atas proses 7-nanometer TSMC. Seiring dengan Snapdragon 730 dan 730G menggantikan 710 dan 712. Fitur 730 dan 730G yang lebih baru menampilkan Kryo 460 core, dibangun di atas proses 8-nanometer.

Itulah artikel singkat yang mungkin bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu Snapdragon. Semoga artikel tersebut dapat memperkaya wawasan Anda mengenai prosesor HP yang ada saat ini.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Snapdragon?

apa itu snapdragon

Snapdragon adalah System on a Chip (SoC) untuk perangkat seluler yang dirancang dan dipasarkan oleh Qualcomm Technologies Inc. Snapdragon central processing unit (CPU) menggunakan set instruksi ARM RISC. Satu SoC dapat mencakup beberapa inti CPU, unit pemrosesan grafis Adreno (GPU), modem nirkabel Snapdragon, prosesor sinyal Digital Hexagon (DSP), Qualcomm Spectra Image Signal Processor (ISP) dan perangkat lunak dan perangkat keras lain untuk mendukung smartphone di smartphone global positioning system (GPS), kamera, video, audio, pengenalan gerakan dan akselerasi AI. Semikonduktor Snapdragon tertanam di perangkat berbagai sistem, termasuk Android, Windows Phone, dan netbook. Mereka juga digunakan dalam mobil, perangkat yang dapat dipakai dan perangkat lainnya. Selain prosesor, jajaran Snapdragon mencakup modem, chip wi-fi dan produk pengisian daya ponsel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini