Apa Itu Noise Cancelling

Jika Anda pernah berbelanja headset atau headphone, saya yakin Anda pernah mendengar istilah “noise cancelling” yang digunakan sekali atau dua kali. Saya juga bisa bertaruh bahwa Anda tidak yakin apa itu noise cancelling. Itu bukan kesalahan Anda, bergantung pada konteksnya, noise cancelling dapat berarti beberapa hal. Dan beberapa perusahaan tidak persis konsisten dalam cara mereka menggunakan istilah tersebut. Mari kita coba mengungkap teka-teki ini.

Pertama, ada dua jenis noise cancelling, satu di mikrofon dan satu di headphone itu sendiri. Jenis pertama membantu orang di ujung telepon untuk mendengar suara Anda alih-alih saat keributan di bar tempat Anda menelepon. Tipe kedua melindungi Anda , pemakainya sehingga Anda tidak terganggu oleh bilah suara yang sama. Sekarang mari kita lihat masing-masing dengan lebih detail.

Apa itu noise cancelling?

1. Noise cancelling di mikrofon

Jenis ini sebenarnya tidak menguntungkan Anda secara langsung. Sebaliknya, jenis ini membantu orang lain mendengarkan Anda dengan lebih baik. Mikrofon peredam bising dibuat untuk mengambil suara Anda sementara mengabaikan kebisingan latar belakang saat Anda menelepon.

Noise cancelling ini dapat dicapai dengan berbagai cara, termasuk bentuk dan posisi mikrofon, pemrosesan sinyal digital, dan  teknologi lainnya. Beberapa headset bahkan dilengkapi dengan wind sock khusus yang praktis menghilangkan semua suara bising.

Headset yang lebih maju menggunakan beberapa mic untuk benar-benar mengurangi noise. Bagaimana? Singkatnya, kedua mic memiliki jarak di antara mereka, yang berarti salah satunya lebih dekat ke mulut Anda daripada yang lain. Sementara yang pertama mengambil suara Anda, yang lain mengambil lebih banyak suara di sekitarnya. Dikombinasikan dengan beberapa algoritma digital, mereka “mengurangi” kebisingan di sekitarnya, hanya menyisakan suara Anda. Ini mungkin terdengar seperti voodoo, tetapi hal ini berhasil.

Perusahaan menggunakan pencitraan merek yang berbeda untuk pembatalan noise dual-mic mereka. Jabra menyebut mereka Noise Blackout ™, misalnya. Pada akhirnya, prinsip dasarnya sama: Suara Anda mendapat lampu hijau, sementara suara latar berhenti di lampu merah.

Jadi, jika Anda tidak ingin menjadi teman yang selalu terdengar seperti berada di terowongan angin atau di lokasi syuting film aksi, headset dengan mikrofon peredam bising mungkin cocok untuk Anda.

2. Noise cancelling di headphone

Apa itu noise cancelling headphone? Inilah yang sebagian besar dari kita cenderung pikirkan ketika kita mendengar kata-kata “noise-cancelling headphones”. Itulah yang membantu pemakainya menghilangkan kebisingan sekitar dan fokus berbicara dengan seseorang atau mendengarkan musik. Anda melihat orang-orang yang memakai headset jenis ini dalam penerbangan panjang untuk menghilangkan teriakan bayi dan kebisingan mesin pesawat.

Baca Juga:  Cara Sadap WhatsApp (WA) Lewat Internet Tanpa Verifikasi

Untuk membuat segalanya lebih jelas, ada dua jenis noise cancelling tipe ini: pasif dan aktif. Apa itu noise cancelling pasif dan aktif? Mari kita bahas satu persatu.

1. Noise cancelling pasif

Tipe ini mengacu pada noise cancelling yang dicapai oleh fitur fisik headset, seperti desain dan bahan yang digunakan. Ini benar-benar hanya istilah mewah untuk menggambarkan efek yang Anda dapatkan dari hanya mengenakan headset. Penutup telinga tebal yang Anda lihat dikenakan oleh pekerja konstruksi? Yup, noise cancelling pasif.

Pasif noise cancelling adalah yang terbaik untuk menyaring suara frekuensi tinggi yang tidak teratur, seperti rekan Anda yang tidak akan berhenti berbicara dengan penuh semangat tentang episode terakhir dari acara TV favoritnya. Meskipun ini biasanya digunakan dalam headphone musik, beberapa headset kantor baru juga dirancang untuk sepenuhnya menutupi telinga Anda dan memblokir suara eksternal. Jika Anda bekerja di kantor terbuka yang sibuk, ini bisa menjadi pilihan.

2. Noise cancelling aktif

Noise cancelling aktif menggunakan teknologi yang lebih canggih untuk secara aktif melawan kebisingan. Pada dasarnya, ia mendeteksi dan menganalisis pola suara dari noise yang masuk dan kemudian menghasilkan sinyal “anti-noise” untuk membatalkannya. Hasil akhirnya adalah Anda mendengar tingkat kebisingan yang berkurang secara drastis.

Aktif noise cancelling adalah yang berfungsi paling baik untuk suara stabil, frekuensi rendah, seperti kipas di langit-langit, kebisingan mesin, atau kolega yang tidak akan berhenti menyenandungkan lagu tema dari acara TV favoritnya. Anda biasanya menemukan noise cancelling aktif di headset stereo, yang memiliki kesempatan untuk memblokir kedua telinga Anda dan benar-benar menghilangkan kebisingan. Tetapi beberapa headset mono juga menggunakannya untuk membantu Anda mendengar lebih baik. 

Mungkin itu saja pembahasan singkat tentang apa itu noise cancelling. Sebagian besar headset modern menggunakan noise cancelling mikrofon dan headphone untuk membuat percakapan terdengar lebih baik di kedua ujung panggilan. Jadi bisa disimpulkan bahwa noise cancelling adalah sebuah teknologi yang digunakan pada perangkat headset atau headphone yang bertujuan untuk mengurangi kebisingan suara saat melakukan panggilan telefon atau saat sedang mendengarkan musik.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini