Urutan Prosesor MediaTek

Urutan Prosesor Mediatek – MediaTek adalah perusahaan semikonduktor dari Taiwan dan merupakan salah satu perusahaan pembuat chipset smartphone terbesar di dunia. MediaTek mendesain SOC berdasarkan arsitektur ARM dan chipset ini dapat dilihat di perangkat dari merek smartphone seperti Lenovo, Moto, Nokia, Xiaomi, Oppo, ZTE, Vivo, dll. Selain itu, banyak juga kelebihan prosesor MediaTek yang perlu untuk Anda ketahui. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai tingkatan prosesor MediaTek dan kelasnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang tingkatan dan urutan prosesor MediaTek ini, baca artikel ini sampai selesai.

Meskipun chipset MediaTek telah banyak dikritik dimasa lalu oleh banyak reviewer, kinerja mereka telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak SOC kelas menengah & dengan harga terjangkau seperti Helio P60 dan Helio P22 yang menawarkan nilai uang lebih murah dan performa yang lebih baik daripada pesaing mereka. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan prosesor MediaTek ini. Berikut adalah daftar urutan prosesor MediaTek terbaru yang telah kami himpun dari berbagai sumber. Tingkatan prosesor MediaTek ini akan kami update secara berkala jika ada keluaran prosesor terbaru dari MediaTek.

MediaTek fokus pada peningkatan bidang utama yang bermanfaat bagi pengalaman pengguna. Mulai dari konektivitas yang andal di seluruh dunia, hingga pengisian yang lebih cepat dan peningkatan masa pakai baterai, hingga memotret foto dan video yang lebih baik Sehingga memberikan pengalaman audio-visual yang cemerlang saat bepergian. MediaTek sendiri telah menyatakan beberapa hal yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan prosesor MediaTek.

Kelebihan Prosesor Mediatek

  1. Fotografi seluler yang canggih
    Fokus super cepat, pengambilan dan pemutaran video hingga resolusi 4Kx2K, reproduksi warna yang tepat, inovatif dan hemat daya.
  2. Performa dan efisiensi daya
    Prosesor MediaTek Helio menghadirkan CorePilot, teknologi manajemen sumber daya canggih yang memaksimalkan kinerja dan efisiensi perangkat smartphone.
  3. Tampilan layar yang menawan
    Teknologi MiraVision dari MediaTek memberikan pengalaman menonton di smartphone yang brilian, dengan pemakaian daya baterai yang minimal. Hiburan berkualitas tinggi tidak lagi susah untuk Anda dapatkan.
  4. Pengisian baterai lebih cepat
    Pump Express membuat orang terus bepergian. Ini adalah cara cerdas untuk tetap menyalakan smartphone dengan aman dan cepat saat pengisian daya sehingga pengguna tidak menghabiskan waktu untuk mengisi daya.
  5. Konektivitas yang cepat
    Modem dan prosesor prosesor canggih MediaTek bergabung untuk menghadirkan kinerja cepat dan responsif yang dituntut oleh pengguna smartphone saat ini.

1. Urutan Prosesor MediaTek Helio X Series

MediaTek Helio X Series adalah seri unggulan untuk smartphone kelas atas. Seri ini setara dengan seri Snapdragon 800. Sayangnya, MediaTek belum merilis SOC baru setelah peluncuran X30 pada awal 2017. Oleh karena itu, kami tidak dapat membandingkan seri Helio X dengan prosesor generasi terbaru Qualcomm, Samsung atau HiSilicon Kirin. Dibawah ini adalah beberapa tingkatan prosesor MediaTek kelas Helio X yang kami rangkum.

Satu kelebihan prosesor MediaTek dari seri ini adalah bahwa prosesor memiliki 10 core (kecuali X10) dan core mereka dibagi menjadi tiga cluster. Prosesor dari merek lain pada umumnya memiliki 2 cluster maksimal tetapi MediaTek telah mendorong batas untuk mencapai efisiensi daya yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Urutan Prosesor HP Terbaik Android Saat Ini (2019)

Meskipun kinerja dari seri Helio X mengesankan, kinerja GPU tidak terlalu mengesankan. GPU yang paling umum pada seri ini (Mali-T880 MP4) sedikit lebih baik daripada GPU Adreno 506 mid-range oleh Qualcomm. Berikut adalah tingkatan prosesor MediaTek Helio X.

MediaTek Helio X10

MediaTek Helio X10 (MT6795) adalah SoC berkinerja tinggi yang memenuhi kebutuhan multimedia bahkan dari pengguna yang paling menuntut sekalipun, menampilkan subsistem multimedia yang mendukung banyak teknologi yang sebelumnya tidak pernah mungkin atau terlihat di smartphone, termasuk dukungan untuk layar 120Hz dan kemampuan untuk membuat dan pemutaran 480 frame per detik (fps) video Full-Slow Motion 1080p Full HD. MT6795 menanamkan beragam teknologi MediaTek, termasuk: MediaTek CorePilot, teknologi multiprocessing heterogen yang membuka kekuatan semua delapan core untuk kinerja luar biasa dengan konsumsi daya yang sangat rendah dan kontrol termal, serta LPDDR3 dual-channel clock di 933MHz untuk top- akhiri bandwidth memori di smartphone. Teknologi MediaTek ClearMotion untuk menghilangkan jitter gerak dan memastikan pemutaran video yang lancar di perangkat seluler.

MediaTek Helio X20

MediaTek Helio X20 (MT6797) menyediakan tiga kelompok prosesor, masing-masing dirancang untuk menangani berbagai jenis beban kerja dengan lebih efisien. Sama seperti menambahkan roda gigi ke kendaraan, membagi inti menjadi tiga kelompok menyediakan alokasi tugas yang lebih efisien untuk kinerja optimal dan masa pakai baterai yang lebih lama. Hal ini dapat mendelegasikan tugas-tugas sederhana ke satu kelompok inti, sambil mengarahkan tugas-tugas yang lebih kompleks (dan lebih haus daya) ke kelompok lainnya. Misalnya, jika smartphone hanya melakukan tugas-tugas sederhana, seperti mengirim pesan teks atau menjalankan kalkulator pada satu Cluster, kluster lainnya dapat siap dimatikan jika diperlukan, oleh karena itu, mendorong kinerja yang lebih halus, responsif, dan masa pakai baterai yang lebih lama.

MediaTek Helio X23

MediaTek Helio X23 (MT6797D) menyediakan tiga cluster prosesor, masing-masing dirancang untuk lebih efisien menangani berbagai jenis beban kerja. Sama seperti menambahkan roda gigi ke kendaraan, membagi inti menjadi tiga kelompok menyediakan alokasi tugas yang lebih efisien untuk kinerja optimal dan masa pakai baterai yang lebih lama. Ini dapat mendelegasikan tugas-tugas sederhana ke satu kelompok inti, sambil mengarahkan tugas-tugas yang lebih kompleks (dan lebih haus daya) ke kelompok lainnya. Misalnya, jika smartphone hanya melakukan tugas-tugas sederhana, seperti mengirim pesan teks atau menjalankan kalkulator pada satu Cluster, kluster lainnya dapat siap dimatikan jika diperlukan, oleh karena itu, mendorong kinerja yang lebih halus, responsif, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Selain itu, MediaTek Helio X23 menyertakan Layar MiraVision EnergySmart terbaru untuk lebih meningkatkan efisiensi daya.

MediaTek Helio X25

MediaTek Helio X25 (MT6797T) menyediakan tiga kelompok prosesor, masing-masing dirancang untuk menangani berbagai jenis beban kerja dengan lebih efisien. MediaTek Helio X25 premium memiliki frekuensi clock yang dimaksimalkan di ketiga cluster, dengan maksimum 2,5GHz pada cluster ARM Cortex-A72 yang kuat.

MediaTek Helio X27

MediaTek Helio X27 (MT6797X) menyediakan tiga cluster prosesor, masing-masing dirancang untuk lebih efisien menangani berbagai jenis beban kerja. MediaTek Helio X27 yang premium menghadirkan frekuensi clock yang dimaksimalkan di ketiga cluster, dengan maksimum 2.6GHz yang tiada bandingnya pada cluster ARM Cortex-A72 yang kuat.

MediaTek Helio X30

Helio X30 dari MediaTek adalah salah satu dari gelombang pertama dari chipset smartphone 10nm yang akan tersedia untuk pasar, dan satu-satunya smartphone SoC yang menggunakan fabrikasi 10 nanometer (nm) dalam pembuatan smartphone 10 core (Deca-core) dengan 4G LTE-Advanced WorldMode modem yang menggunakan 3x Carrier Aggregation dengan kinerja 450MBit / s. Secara bersamaan, teknologi tiga serangkai ini memberi produsen fleksibilitas yang lebih besar dalam merancang ponsel yang memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dan daya tahan tinggi.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah daftar urutan prosesor MediaTek seri Helio X:

Nama ProsesorKodeGPUProsesCPU
Helio X30MT6799IMG PowerVR 7XTP-MT410nm2x Cortex-A73 @ 2.5 GHz + 4x Cortex-A53 @ 2.2 GHz + 4x Cortex-A35 @ 1.9 GHz
Helio X27MT6797XARM Mali-T880 MP420nm2x Cortex-A72 @ 2.6 GHz + 4x Cortex-A53 @ 2.0 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.6 GHz
Helio X25MT6797TARM Mali-T880 MP420nm2x Cortex-A72 @ 2.5 GHz + 4x Cortex-A53 @ 2.0 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.55 GHz
Helio X23MT6797DARM Mali-T880 MP420nm2x Cortex-A72 @ 2.3 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.85 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.4 GHz
Helio X20MT6797ARM Mali-T880 MP420nm2x Cortex-A72 @ 2.1 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.85 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.4 GHz
Helio X10MT6795IMG PowerVR G620028nm8x Cortex-A53 @ 2.0 GHz

2. Urutan Prosesor MediaTek Helio P Series

Helio P Series adalah salah satu seri MediaTek paling menarik yang memberikan kinerja hebat untuk segmen kelas menengah. Helio P60, P70, dan P90 adalah beberapa chipset seri P yang sangat kuat yang memberikan nilai uang lebih murah dengan performa yang baik daripada pesaing mereka.

Namun sekali lagi, GPU adalah kelemahan dari seri ini. Mali-G72 MP3 kurang kuat jika dibandingkan dengan Adreno 512 dan Adreno 509 dari Snapdragon 660 dan 636. Berikut adalah tingkatan prosesor MediaTek Helio P.

Prosesor MediaTek seri Helio P keluaran terbaru tahun 2019 adalah MediaTek Helio P90. Kelebihan prosesor MediaTek seri MediaTek Helio P90 menggabungkan salah satu pembangkit tenaga listrik AI paling kuat yang tersedia di smartphone saat ini. APU 2.0 dapat menghasilkan 1165GMAC yang luar biasa, yang lebih dari 50% lebih kuat daripada perangkat pesaing kelas atas. MediaTek Helio P90 terus memimpin industri dengan mengaktifkan smartphone yang menentang harapan dan secara mendasar mengubah cara untuk menggunakan perangkat MediaTek.

MediaTek Helio P10

MediaTek Helio P10 (MT6755) adalah prosesor pertama dalam Seri P utama MediaTek. Sebagai produk pertama di dunia yang menggunakan proses 28nm HPC + TSMC, Helio P10 memungkinkan untuk mengurangi konsumsi daya prosesor, menghemat hingga 30% lebih banyak daya dibandingkan dengan smartphone SoC yang ada yang diproduksi menggunakan proses 28 HPC.

MediaTek Helio P18

MediaTek Helio P18 (MT6755S) adalah evolusi dari MediaTek Helio P10 yang populer, dan menyediakan platform yang sempurna untuk desain smartphone yang sangat mampu, modern, dan ramping. Selain delapan inti ARM Cortex-A53, P18 sekarang menyediakan kinerja GPU dan memori yang lebih cepat di samping pengalaman tampilan Full HD +. Modem 4G LTE-nya telah ditingkatkan untuk mendukung kecepatan Cat-6 dengan unggahan 64QAM untuk meningkatkan kinerja.

MediaTek Helio P20

Evolusi yang ditandai dari MediaTek Helio P10 yang sukses, SoC rentang kinerja MediaTek pertama di keluarga prosesor MediaTek helio mereka, MediaTek Helio P20 dibangun pada node proses 16nm dan menawarkan efisiensi daya 25% lebih baik, kinerja pemrosesan lebih tinggi dan fitur kamera / video kami yang paling canggih hingga saat ini. MediaTek Helio P20 juga menawarkan peningkatan multitasking dan multimedia yang signifikan berkat dukungan memori LPDDR4X yang baru.

MediaTek Helio P22

Semua orang sekarang dapat memiliki smartphone layar penuh yang indah berkat MediaTek Helio P22 yang canggih. Ini memungkinkan tampilan resolusi HD + (1600 x 720) rasio tinggi 20: 9 yang menawarkan keseimbangan yang luar biasa antara ketajaman dan efisiensi daya. Prosesor ini didukung oleh GPU IMG PowerVR GE8320 baru yang berjalan hingga 650MHz cepat, dan CPU octa-core ARM Cortex-A53 yang kuat yang beroperasi hingga 2.0GHz. Dengan pengontrol memori LPDDR3 / LPDDR4x yang fleksibel, produsen perangkat dapat dengan mudah memilih untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dengan menyeimbangkan harga dan kinerja.

MediaTek Helio P23

Sistem Imagiq 2.0 MediaTek menggabungkan fitur-fitur kamera canggih yang membawa efek dan pengalaman menangkap foto dan video yang fantastis ke smartphone yang terjangkau. Sistem kamera ganda 13+13MP memungkinkan kombinasi jenis kamera, termasuk sensor warna + warna atau warna + mono, yang dipasangkan dengan lensa tele standar atau lebar untuk efek yang menarik seperti Kedalaman Lapangan real-time, kinerja cahaya rendah yang luar biasa, pengurangan noise multi-bingkai atau zoom optik hingga 10x. Mode operasi kamera tunggal hingga 24MP juga didukung.

MediaTek Helio P25

Sebagai chip kinerja premium dalam keluarga MediaTek Helio, MediaTek Helio P25 menggabungkan kekuatan pemrosesan 16nm Octa-core dengan ISP unggul yang dibangun dengan perangkat kamera ganda. Dirancang untuk smartphone Android yang bertujuan untuk membedakan melalui fitur kamera yang luar biasa dan kualitas gambar premium keseluruhan, kedua kamera memungkinkan masing-masing hingga 13MP atau satu hingga 24MP. Dengan mengadopsi node proses FinFET + 16nm, MediaTek Helio P25 menawarkan prosesor Octa-core Cortex-A53 yang memiliki clock hingga 2,6GHz yang memberikan daya lebih besar dengan menggunakan lebih sedikit energi daripada prosesor lain yang bersaing.

MediaTek Helio P30

MediaTek Helio P30 adalah perangkat fotografi yang hebat, tanpa harga yang mahal. MediaTek’s Imagiq 2.0 menggabungkan fitur-fitur dual-kamera yang didukung perangkat keras premium yang memberikan kualitas fotografi yang tak tertandingi dan pengalaman untuk smartphone mainstream.

MediaTek Helio P35

MediaTek Helio P35 memungkinkan ponsel cerdas layar penuh dengan tampilan resolusi Full HD + dan rasio 20: 9. Prosesor ini ditenagai oleh CPU octa-core ARM Cortex-A53 yang kuat yang beroperasi hingga 2.3GHz dan GPU IMG PowerVR GE8320 yang berjalan hingga 680MHz yang cepat. Dengan pengontrol memori LPDDR3 / LPDDR4x yang fleksibel, produsen perangkat dapat dengan mudah memilih untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dengan menyeimbangkan harga dan kinerja.

MediaTek Helio P60

MediaTek Helio P60 menyatukan campuran yang mendalam dan beragam dari perangkat keras terkemuka di kelasnya. Prosesor ini menggabungkan kekuatan luar biasa dari empat prosesor Arm Cortex-A73 yang besar di antara CPU octa-core; Multi-core AI Processing Unit (Mobile APU) untuk pemrosesan edge-AI yang efisien; GPU Arm Mali-G72 terbaru; Dukungan tampilan FullHD + 20: 9; dan tiga ISP yang dioptimalkan daya dan peningkatan perangkat keras lainnya yang dipasangkan dengan kamera berukuran super. Ini semua dibuat pada teknologi proses FinFET 12nm terbaru TSMC, dan ketika dikombinasikan dengan MediaTek CorePilot 4.0 memberikan kinerja kelas atas dan efisiensi daya. Pelajari Lebih Lanjut tentang bagaimana kecemerlangan dimulai dalam ponsel cerdas Helio P60 Anda.

MediaTek Helio P65

MediaTek Helio P65 menghadirkan gelombang perangkat keras baru yang memadukan kinerja Arm core besar dan GPU kelas G52 Arm baru yang mengangkat standar bagi pengguna arus utama kinerja dan gamer seluler yang bersemangat. Bauran teknologi terkemuka ini menawarkan kinerja hingga 25% lebih cepat dibandingkan alternatif pesaing yang menggunakan core generasi yang lebih tua.

MediaTek Helio P70

MediaTek Helio P70 menggabungkan kompleks CPU octa-core Arm Cortex-A73 / A53 / A53 yang kuat dengan GPU kelas Arm Mali-G72 yang mengesankan. Dibandingkan P60 sebelumnya, kecepatan clock yang lebih cepat menghasilkan kinerja hingga 13% lebih tinggi. Di tangan, ada dukungan untuk tampilan 20: 9 pada resolusi Full HD + yang memungkinkan pengguna untuk menikmati desain smartphone paling indah dan modern dengan cakupan fasia penuh.

MediaTek Helio P90

MediaTek Helio P90 menggabungkan salah satu pembangkit tenaga listrik AI paling kuat yang tersedia di smartphone saat ini. Kelebihan prosesor MediaTek seri ini adalah adanya APU 2.0 yang dapat menghasilkan 1165GMAC yang luar biasa, yang lebih dari 50% lebih kuat daripada perangkat pesaing kelas atas. MediaTek Helio P90 terus memimpin industri dengan mengaktifkan smartphone yang menentang harapan dan secara mendasar mengubah cara Anda menggunakan perangkat smarphone.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah daftar urutan prosesor MediaTek seri Helio P:

Nama ProsesorKodeGPUProsesCPU
Helio P90 IMG PowerVR GM 944612nm 4x Cortex-A75 @ 2.2 GHz + 4x Cortex-A55
Helio P70 ARM Mali-G72 MP312nm 4x Cortex-A73 @ 2.1 GHz + 4x Cortex-A53 @ 2.1 GHz
Helio P60MT6771ARM Mali-G72 MP312nm 4x Cortex-A73 @ 2.0 GHz + 4x Cortex-A53 @ 2.0 GHz
Helio P35 IMG PowerVR GE832012nm 8x Cortex-A53 @ 2.3 GHz
Helio P30MT6758ARM Mali-G71 MP216nm 8x Cortex-A53 @ 2.3 GHz
Helio P25MT6757DTARM Mali-T880 MP216nm 8x Cortex-A53 @ 2.6 GHz
Helio P23MT6763TARM Mali-G71 MP216nm 8x Cortex-A53 @ 2.3 GHz
Helio P22MT6762IMG PowerVR GE832012nm 8x Cortex-A53 @ 2.3 GHz
Helio P20MT6757ARM Mali-T880 MP216nm 8x Cortex-A53 @ 2.3 GHz
Helio P18MT6755SARM Mali-T860 MP228nm8x Cortex-A53 @ 2.0 GHz
Helio P10MT6755ARM Mali-T860 MP228nm4x Cortex-A53 @ 2.0 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.2 GHz

3. Urutan Prosesor MediaTek Helio A Series

Helio A adalah seri terbaru yang bertujuan untuk menghasilkan kinerja dan efisiensi besar di segmen anggaran yang lebih rendah. Helio A22 adalah prosesor pertama dari seri ini dan hadir dengan fitur-fitur mengesankan seperti Bluetooth 5.0 dan LPDDR4X Memory.

Baca Juga:  Tingkatan Prosesor HP dan Urutan Prosesor HP Terbaik Android

MediaTek Helio A22 memasangkan empat ARM Cortex-A53 yang beroperasi hingga 2.0GHz super cepat dengan GPU kelas IMG PowerVR GE, dan memori LPDDR4x berkecepatan tinggi atau LPDDR3 yang hemat biaya. Kinerja CPU hingga 30% lebih cepat dan GPU hingga 72% lebih cepat dari alternatif langsung merupakan salah satu kelebihan prosesor MediaTek seri A ini. Hal ini memberikan platform smartphone mainstream yang sangat berkemampuan yang pertama ke pasar menggunakan proses fabrikasi yang sangat efisien.

Ini berarti semua layar smartphone yang diinginkan untuk semua orang; memungkinkan hingga resolusi HD + (1600 x 720) menampilkan dan rasio 20: 9 yang menawarkan keseimbangan besar antara ketajaman dan efisiensi daya.

Teknologi MediaTek CorePilot pada intinya menyediakan penjadwalan yang sadar daya, manajemen termal, dan pemantauan UX, menetapkan beban kerja yang tepat untuk inti CPU pada frekuensi dan tegangan tertentu; sangat cocok dengan kinerja yang diperlukan dengan efisiensi daya terbaik. Hal ini memungkinkan pengalaman pengguna yang berkelanjutan berkinerja tinggi dan dapat diandalkan.

Selain itu, peningkatan baru untuk segmen ini hub sensor kecil, daya ultra rendah sangat ideal untuk aplikasi yang membutuhkan pembacaan sensor selalu aktif (pedometer atau pemicu vokal), tanpa harus menggunakan kompleks CPU utama, memberikan daya signifikan tabungan.

MediaTek Helio A22 adalah peningkatan generasi yang luar biasa dari smartphone mainstream, mendorong bilah fitur dan batas usia baterai yang lebih lama.

MediaTek Helio A20

MediaTek Helio A20 menghadirkan kemampuan mengesankan tingkat baru untuk smartphone entry-level yang sangat terjangkau, dengan kinerja naik 27% dalam tugas-tugas CPU dan 123% dalam permainan dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini diaktifkan dengan memasangkan CPU quad-core ARM Cortex-A53 yang cepat yang beroperasi hingga 1.8GHz dengan GPU kelas-IMG PowerVR GE, ditambah memori LPDDR4 berkecepatan tinggi. Menggunakan proses produksi 12nm yang sangat efisien – peningkatan signifikan dari generasi sebelumnya – memungkinkan pengguna smartphone A20 lebih banyak kinerja dan daya tahan baterai.

MediaTek Helio A22

MediaTek Helio A22 memasangkan empat ARM Cortex-A53 yang beroperasi hingga 2.0GHz super cepat dengan GPU kelas IMG PowerVR GE, dan memori LPDDR4x berkecepatan tinggi atau LPDDR3 yang hemat biaya. Kinerja CPU hingga 30% lebih cepat dan GPU hingga 72% lebih cepat dari alternatif langsung. Ini memberikan platform smartphone mainstream yang sangat berkemampuan yang pertama ke pasar menggunakan proses fabrikasi yang sangat efisien.

Nama ProsesorKodeGPUProsesCPU
Helio A22MT6762MIMG PowerVR GE832012nm 4x Cortex-A53 @ 2.0 GHz
Helio A20 IMG PowerVR GE830012nm4x Cortex-A53 @ 1.8GHz

4. Urutan Prosesor MediaTek Helio G Series

Melalui peningkatan platform yang luas, MediaTek membuat setiap milidetik menjadi penting, memastikan tidak ada penghalang bagi Anda untuk mendominasi bidang gaming ini. Namun tidak semua waktu permainan, karena Anda akan dapat menikmati fitur premium yang sama untuk kamera, konektivitas, multimedia, dan kinerja AI yang terkemuka di industri setara dengan chip MediaTek Helio papan atas lainnya.

Seri G menampilkan serangkaian teknologi yang meningkatkan pengalaman bermain game seluler dari visual yang jelas dan layar sentuh penginderaan cepat untuk meningkatkan koneksi antara ponsel cerdas Anda dan internet.

Urutan Prosesor MedaTek

Salah satu prosesor MediaTek dalam seri G ini adalah MediaTek Helio G90. Apakah tujuan Anda bermain gameFornite, PUBG, KOG, atau judul game teratas lainnya, teknologi game HyperEngine eksklusif dari MediaTek berarti Anda mendapatkan aksi cepat dan halus dalam game favorit Anda, melalui jaringan yang cerdas, layar sentuh yang cepat, dan visual yang jelas, peningkatan seluruh perangkat, yang memastikan ponsel cerdas Anda selalu mengikuti Anda.

Di dalam, CPU octa-core yang ditingkatkan meningkatkan kecepatan hingga 2.05GHz. Menggunakan campuran Arm Cortex-A76 dan Cortex-A55 terbaru dalam kombinasi dengan cache L3 yang besar, seri G90 meningkatkan kinerja multi-berulir hingga 9% 1 di luar pesaing langsung.

Dengan kecepatan hingga 800MHz, GPU Arm Mali-G76 3EEMC4 terbaru dapat memainkan Fortnite dan PUBG dengan sangat lancar, menembus benchmark Manhattan hingga 26% 1 lebih cepat dibandingkan pesaing langsung menjadikan salah satu dari kelebihan prosesor MediaTek seri G ini.

Hingga 10GB LPDDR4x pada 2133MHz1 (efektif 4266MHz1) menyediakan bandwidth dan kapasitas memori yang besar, sementara penyimpanan UFS 2.1 terbaru menghasilkan streaming data ultra-cepat.

5. Urutan Prosesor MediaTek Mid-Range

Chipset kelas menengah ini adalah beberapa Prosesor MediaTek lama yang mendukung konektivitas 4G. Di antara keempat prosesor yang ada dibawah ini, kinerjanya mengecewakan. Chipset ini mengalami perlambatan dan dapat menyebabkan penggunaan yang berat pada perangkat smartphone. Kami tidak akan merekomendasikan Anda untuk membeli ponsel yang menggunakan chipset ini. Berikut adalah tingkatan prosesor MediaTek kelas Mid-Range.

MT6750

Sebagai model kelas menengah dari portofolio MediaTek LTE Cat-6, MT6750 mengaitkan kinerja pemrosesan octa core ke teknologi modem generasi baru. Membuka jalan untuk IMS arus utama (termasuk VoLTE, ViLTE, VoWiFi dan RCS), solusi MediaTek MT6750 mengubah ekspektasi melalui fitur premium yang meningkatkan antarmuka tampilan, konten multimedia, pengalaman fotografi dan banyak lagi.

MT6752

MediaTek MT6752 adalah platform 4G LTE 64-bit octa-core berbasis prosesor ARM Cortex-A53 dengan grafis ARM Mali-T760. Dirancang untuk pasar ‘super-menengah’, MT6752 menghadirkan kinerja kelas atas dengan konsumsi daya rendah dan kompatibilitas yang efisien untuk aplikasi 32-bit lama. Rilis 9, Kategori 4 dual-mode LTE memberikan kompatibilitas jaringan 4G di seluruh dunia, sementara 802.11n dual-band 802.11n dan Bluetooth 4.0 mendukung jaringan dan perangkat nirkabel berkinerja tinggi. MT6752 juga dilengkapi prosesor sinyal gambar 16 megapiksel untuk aplikasi kamera smartphone berkualitas tinggi dan pemutaran video Ultra HD.

MT6753

MediaTek MT6753 adalah platform WorldMode 4G LTE 64-bit octa-core berbasis prosesor ARM Cortex-A53 64-bit dengan grafis ARM Mali -T720. Dirancang untuk pasar super menengah, MT6753 menghadirkan pengalaman seluler premium dan memberi konsumen pilihan perangkat pintar yang lebih luas dengan harga lebih terjangkau. MT6753 menghadirkan WorldMode 4G LTE dan CDMA2000 3G terintegrasi untuk kompatibilitas jaringan seluler berkecepatan tinggi global. Dual-band 802.11n Wi-Fi dan Bluetooth 4.0 mendukung jaringan dan perangkat nirkabel berkinerja tinggi, dan prosesor sinyal gambar 16 megapiksel mendukung aplikasi kamera ponsel pintar berkualitas tinggi. MT6753 juga mendukung tampilan Full HD 1080p, bersama dengan perekaman dan pemutaran video Full HD.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah daftar urutan prosesor MediaTek seri Kelas Menegah:

Nama ProsesorGPUProsesCPU
MT6753ARM Mali-T720 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.3 GHz
MT6752ARM Mali-T760 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.7 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.7 GHz
MT6750TARM Mali-T860 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.0 GHz
MT6750ARM Mali-T860 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz + 4x Cortex-A53 @ 1.0 GHz

6. Urutan Prosesor MediaTek Entry-level

Sama seperti prosesor MediaTek diatas, kinerja SOC berikut ini di bawah parameter. Kami tidak akan merekomendasikan HP smartphone yang dilengkapi dengan salah satu chipset ini kecuali harganya di bawah satu juta. Berikut adalah urutan prosesor MediaTek kelas Entry-Level.

Nama ProsesorGPUProsesCPU
MT6739IMG PowerVR GE810028nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz
MT6738ARM Mali-T860 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz
MT6737TARM Mali-T720 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.3 GHz
MT6737ARM Mali-T720 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.3 GHz
MT6735ARM Mali-T720 MP228nm4x Cortex-A53 @ 1.3 GHz
MT6732ARM Mali-T76028nm4x Cortex-A53 @ 1.5 GHz

Kelebihan Prosesor MediaTek dan Kekurangan Prosesor Mediatek

Basis pasar MediaTek lebih kuat di Asia dan Afrika daripada di tempat lain. Yang menarik untuk dicatat adalah bahwa MediaTek tidak benar-benar membuat silikon sendiri, tetapi lebih berkonsentrasi pada penelitian dan desain. Berikut ini adalah bahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari prosesor MediaTek.

Kelebihan Prosesor Mediatek

  • Harga Lebih Murah
    Berbeda dengan prosesor lain, MediaTek melirik produsen smartphone yang memproduksi produknya untuk kalangan kelas bawah dan kelas menengah. Hasilnya, MediaTek menawarkan harga yang lebih murah untuk setiap chipset yang diproduksinya.
  • GPU Yang Hemat RAM
    Prosesor MediaTek menggunakan PowerVR yang diklaim lebih unggul daripada Adreno dari Qualcomm karena memiliki dedicated VRAM. Teknologi ini akan memakai RAM yang lebih sedikit sehingga Anda bisa bermain game berat dengan baik.
  • Multitasking Yang Handal
    Prosesor MediaTek memiliki kinerja yang optimal untuk memenuhi kebutuhan multitasking. Anda dapat dengan leluasa membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa takut terjadi lag pada smartphone.

Kekurangan Prosesor Mediatek

  • Boros Baterai
    Beberapa tipe chipset yang diproduksi oleh MediaTek berfokus pada kemampuan grafis yang tinggi. Hal ini mengakibatkan tampilan grafis yang maksimal tersebut harus mengorbankan daya baterai sehingga menjadi lebih cepat habis.
  • Cepat Panas
    Selain boros baterai, performa tinggi dari beberapa chipset MediaTek mengakibatkan masalah panas pada smartphone. Hal ini tentu saja harus menjadi pertimbangan Anda karena menggunakan smartphone yang cepat panas akan mengurangi kenyamanan.
  • GPS Yang Kurang Akurat
    Beberapa chipset MediaTek terutama seri MT65XX disebut memiliki kekurangan pada GPS yang susah terkunci dan kurang akurat. Namun, permasalahan ini sudah jarang ditemui pada chipset MediaTek generasi terbaru.

Demikian pembahasan singkat mengenai urutan prosesor MediaTek serta kelebihan prosesor MediaTek dan kekurangan prosesor MediaTek yang bisa menambah wawasan Anda terkait dengan prosesor untuk smartphone dari MediaTek. Jika ada keluaran prosesor terbaru dari MediaTek, akan kami update secepatnya.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan MediaTek?

Urutan Prosesor MediaTek

MediaTek adalah perusahaan semikonduktor dari Taiwan yang menyediakan chipset untuk komunikasi nirkabel, televisi definisi tinggi, perangkat seluler seperti smartphone dan tablet, sistem navigasi, produk multimedia konsumen dan layanan saluran pelanggan digital serta drive disk optik. Berkantor pusat di Hsinchu, Taiwan, perusahaan ini memiliki 25 kantor di seluruh dunia dan merupakan perancang IC ketiga terbesar di dunia pada 2016. MediaTek didirikan pada tahun 1997. MediaTek juga menyediakan desain referensi kepada pelanggannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini