Apakah Android Bisa Terkena Virus

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, bagaimana jika saya memiliki virus di HP Android yang saya miliki. Anda tahu bahwa Anda menyimpan banyak data yang berharga di HP Android Anda. Dan ketika Anda mendengar di berita bahwa ancaman seluler sedang meningkat. Kemudian Anda menjadi khawatir dan ketakutan bagaimana jika Anda mendapat serangan virus. Virus Android yang akan mencuri informasi pribadi Anda dan juga data anak-anak Anda. Mudah-mudahan kita dapat mengklarifikasi hal-hal tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering kita dengar yaitu: apakah Android bisa terkena virus?

Apakah Android Bisa Terkena Virus?

Secara historis dibawa dari dunia PC, “virus” adalah program yang mereplikasi dirinya sendiri dengan melampirkan ke program lain. Peretas sering menggunakan metode ini untuk menyebarkan pekerjaan jahat mereka. Dan virus menjadi istilah populer untuk merujuk ke semua jenis perangkat lunak berbahaya (malware) di komputer. Dalam hal smartphone, sampai saat ini kita belum melihat malware yang mereplikasi dirinya seperti virus PC. Dan khususnya di Android ini tidak ada. Jadi secara teknis tidak ada virus Android. Namun, ada banyak jenis malware Android lainnya. Kebanyakan orang menganggap perangkat lunak berbahaya sebagai virus, meskipun secara teknis tidak akurat.

Apa itu malware Android?

Malware, kependekan dari perangkat lunak berbahaya, adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengendalikan perangkat secara diam-diam. Dimaksudkan untuk mencuri informasi pribadi atau uang dari pemilik perangkat. Malware telah digunakan untuk mencuri kata sandi dan nomor akun dari HP Android, membebankan biaya palsu pada akun pengguna dan bahkan melacak lokasi dan aktivitas pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Pelajari tentang beberapa malware yang paling terkenal. Lookout telah memblokir beberapa di Resources Top Threats. Meskipun pertanyaan Apakah Android bisa terkena virus sudah terjawab diatas, kita akan membahas malware sedikit lebih detail.

Bagaimana malware masuk di HP Android?

Melalui penelitian Lookout untuk State of Mobile Security 2012, kami menemukan bahwa perilaku pengguna dan geografi sangat memengaruhi risiko Anda menghadapi malware. Taruhan paling aman adalah tetap dengan mengunduh aplikasi terkenal dari aplikasi terkenal dari pasar terkemuka seperti Google Play selain memiliki aplikasi keamanan. Penipu menjadikannya tugas bagi mereka untuk menyamarkan malware sebagai aplikasi seluler yang tampak tidak bersalah di toko aplikasi dan situs web. Jadi, jika Anda berpikir bahwa itu adalah ide yang baik untuk mengunduh versi Angry Birds yang baru saja diterbitkan, yang Anda temukan di toko aplikasi China acak, mungkin tidak demikian. Setelah diinstal, aplikasi ini mungkin berfungsi seperti yang dijelaskan, tetapi mereka bisa sibuk dengan tugas-tugas rahasia tambahan. Beberapa aplikasi mulai bersih, tetapi diberi kemampuan jahat setelah pembaruan perangkat lunak yang tampaknya rutin. Apakah Android bisa terkena virus / malware? Jika Anda berhati-hati dalam menginstall aplikasi, perangkat smartphone Anda akan aman.

Baca Juga:  Cara Sadap WhatsApp (WA) Tanpa Verifikasi Lewat Internet

Dan pengunduhan aplikasi yang teliti tidak akan selalu meminimalkan risiko Anda. Situs licik, drive-by-download dapat mengunduh file aplikasi yang berpotensi berbahaya tanpa campur tangan pengguna. Penjelajahan Aman di Lookout Premium untuk Android akan memblokir ancaman berbasis web seperti itu, tetapi meskipun demikian, Anda juga tidak boleh menginstal unduhan acak dari pengelola unduhan yang tidak Anda harapkan ada di sana.

Bagaimana melindungi perangkat smartphone?

Sangat sederhana untuk meminimalkan risiko terkena malware, dan kami punya 5 tip keamanan smartphone sederhana di sini. Dua cara teratas untuk melindungi diri Anda adalah dengan mengunduh aplikasi keamanan seluler seperti Lookout untuk menangkap “virus-virus Android” dan bersikap bijaksana tentang aplikasi apa yang Anda unduh dan dari mana Anda mengunduhnya. Lookout akan menjelajahi HP Android atau tablet Anda untuk mencari malware yang ada, dan juga memeriksa setiap aplikasi baru yang Anda unduh untuk memastikan keamanannya. Tetapi bahkan sebelum Anda membiarkan Lookout memindai aplikasi yang baru Anda unduh, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dari situs yang Anda percayai, memeriksa peringkatnya dan membaca ulasan untuk memastikan mereka digunakan secara luas dan bebar dari malware.

Jadi, apakah Android bisa terkena virus? Tidak, karena secara teknis mereka tidak ada. Akan tetapi malware bisa menginfeksi HP Android. Jika malware pernah menginfeksi HP Android Anda, Lookout akan menyingkirkan mereka. Dan haruskah Anda khawatir tentang malware? Nah, dengan sedikit kesadaran dan Lookout di HP Android Anda, Anda dapat mencegah malware dan ancaman seluler lainnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar!
Masukkan nama disini